Minggu, 15 Desember 2019

Isu Pokok “Menuju Sustainable City”, Dewan Pertimbangan Adipura Terkesima Presentasi GSVL

JAKARTA, (manadoterkini.com) – Empat isu pokok menuju sustainable city yang dipresentasikan Walikota Manado GS Vicky Lumentut, Rabu (4/ 11) kemarin di Hotel Arya Duta Tugu Tani Praptan, Jakarta, membuat Dewan Pertimbangan Adipura terkesima. GSVL sendiri mendapat giliran presentasi ketiga usai Walikota Surabaya dan Bupati Malang dari 8 kabupaten/kota yang memberikan presentasi pada kelompok 2 di ruangan Monas 6.

Presentasi GSVL

Keempat isu yang dipresentasikan GSVL di hadapan Dewan Pertimbangan Adipura pertama, visi geo strategis dan pembangunan, kedua kebijakan dan implementasi pembangunan berkelanjutan, ketiga kebijakan, program, dan kegiatan pengelolaan lingkungan hidup perkotaan, dan keempat program dan kegiatan lain yang menuju sustainable city.

Tim Penilai Presentasi terdiri dari Dewan Pertimbangan Adipura, Ahli Persampahan, dan Ahli Pemasaran, yang pada kelompok 1 diketuai Nabiel Makarim dengan anggota Syahrul Udjud, Chaliid Muhammad, Sri Bebassari, Hermawan Kertajaya, dan Sabrina pun mencecar GSVL dengan beberapa pertanyaan kritis mulai dari pengelolaan sampah di TPA Sumompo, landfill, reklamasi, pembangunan perumahan, hingga kebanggaan warga terhadap Kota Manado.

Presentasi GSVL

Terhadap pertanyaan-pertanyaan itu GSVL memberikan jawaban komprehensif. GSVL menekankan program dan kegiatan yang menuju sustainable city atau kota berkelanjutan dengan titik berat 3 Inovasi Pemkot Manado.

Yakni terkait pengelolaan lingkungan hidup yaitu Peraturan Walikota yang mendahului Peraturan Daerah tentang Pembayaran Retribusi Sampah dengan Menggunakan Sampah. Kemudian Penetapan Kawasan Parkir Kendaraan bagi Kendaraan yang telah Lulus Uji Emisi dan Penerapan Teknologi Pengolahan Sampah Organik Skala Rumah Tangga hasil inovasi Poltekkes Kementerian. Kesehatan di Manado yang saat ini telah diuji coba di Kelurahan Perkamil.

Presentasi dan tanya jawab layaknya sidang akademik tersebut berlangsung menarik selama 90 menit. Tim Pertimbangan Adipura terkagum mendengar penjelasan GSVL untuk tetap mempertahankan Piala Adipura.(*/ald)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*