Senin, 16 September 2019

Sumarsono Akui Permasalahan Kesehatan Semakin Kompleks

HKN HKN

SULUT, (manadoterkini.com) – Tantangan pembangunan di sektor kesehatan dan permasalahan saat ini semakin kompleks, bahkan tak terduga dari waktu ke waktu. Hal itu diungkapkan Penjabat Gubernur Sulut Dr Sumarsono MDM, saat mencanangan kegiatan dalam rangka Hari Kesehatan Nasional ke-51 tingkat Provinsi Sulut di Dinas Kesehatan Provinsi Sulut, jalan 17 Agustus, Manado Jumat (6/11) kemarin.

“Penyakit menular seperti DBD, TBC, HIV-AIDS dan lain sebagainya sampai hari ini masih terus mengancam kesehatan masyarakat, sehingga perlu ada strategi khusus untuk mengatasinya. Namun disisi lain meningkatnya tren penyakit tidak menular turut menyerang di belahan masyarakat modern ini,” ujar Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri RI ini.

GubernurUntuk itu, Sumarsono berharap berbagai penyakit ini tidak akan menyurutkan semangat juang menyehatkan dan mensejahterakan rakyat Sulut. Pencanangan kegiatan tersebut diawali dengan jalan sehat Penjabat Gubernur, Pejabat Esalon II Pemprov Sulut bersama Keluarga besar Dinas Kesehatan Sulut. Pembukaan yang ditandai dengan pelepasan balon yang berisi hadiah Rp. 1 Juta

Kadis Kesehatan Sulut dr Jemmy Lampus menyebutkan, Tema HKN Tahun ini adalah “Indonesia Cinta Sehat: Generasi Cinta Sehat Siap Membangun Negeri “ dengan Sub Tema “Dari pinggiran, kita Galang Generasi Sehat Untuk Mewujudkan Sulawesi Utara Hebat,” jelas Lampus.

Lampus menambahkan, kegiatan yang akan digelar yaitu, mengikuti pameran HKN tingkat nasional di Jakarta dengan melibatkan Disbudpar Sulut untuk promosi Visit Sulut 2016 “Marijo Ka Manado, bakti social operasi katarak bersama TNI manunggal membangun desa ke-95 Tahun 2015 di Desa Dayoh Pinolosian Bolsel, skrining penyakit matapada anak sekolah, senam sehat, donor darah, skrining penyakit tidak menular (PTM), lomba penyuluh gerakan serentak basmi DBD, lomba kebersihan dan keindahan antar bidang, pemilihan tenaga kesehatan teladan, pemilihan puskesmas berprestasi, serta puncak acara HKN akan dilaksanakan 18 Nopember 2015 mendatang, tandas mantan Dirut RSJ Ratumbuisang. Usai acara Gubernur dan pejabat pemprov melakukan pemeriksaan darah, urine serta melakukan vitnes di Balai Kesehatan Olahraga Dinkes Sulut.(tim)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*