Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanPemerintahan

Gubernur Sumarsono Louncing GSM, Gebeka dan GSB

×

Gubernur Sumarsono Louncing GSM, Gebeka dan GSB

Sebarkan artikel ini

Gubernur SulutSULUT, (manadoterkini.com) – Penjabat Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) DR Soni Sumarsono MDM, Selasa (10/110 secara resmi mencanangkan program Gerakan Sulut Menanam (GSM), Gerakan Bersih-bersih Kuala (Gebeka) dan Program Gerakan Sulut Berkarya (GSB) di Manado Town Square (Mantos).

Melalui Program ini, Sumarsono mengajak warga Sulut untuk melakukan gerakan menanam berbagai jenis pohon dan buah-buahan di pekarangan rumah maupun perkebunan milik warga. Selain itu, Gubernur juga mengajak seluruh komponen masyarakat untuk mensukseskan program bersih kuala dengan secara bersama membersihkan sungai dan mengajak masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan.

“Bagaimana ajakan Mari Jo Ka Manado akan berhasil jika tidak di tunjang dengan lingkungan yang hijau serta sungai kita yang nasih penuh sampah. Tentu ini tidak akan sukses. Semua masyarakat harus mendukung dengan tidak membuang sampah sembarangan. Agar sungai bersih, laut kita juga bersih. Untuk itu semua pihak harus sukseskan bersama kegiatan ini,” imbaunya.

sumarsonoDisamping itu, Gubernur mencanangkan Gerakan Sulut Berkarya (GSB) yang dibagi dalam Tiga Karya, yakni karya cipta lagu mars Sulut, mars pilkada serentak yang diharapkan menjadi sumbangsi Sulut untuk nasional.

Sumarsono menyebutkan, launching kali ini ikut melibatkan empat SKPD yaitu Dinas Kehutanan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Dinas pendidikan Nasional dan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

“Untuk launching Mari Jo Ka Manado telah di sosialisasikan kepada 60 GM hotel, maskapai, owner tours and travel di Sulut, bahkan telah mendapat perhatian nasional ketika diadakan promosi di Jakarta pada tanggal 8 november lalu,” terangnya.

Sementara untuk lomba cipta lagu mars Pilkada serentak, pemenang 1 diraih nomor urut 10 atas nama Guntur Barnabas Rarun, pemenang 2 nomor urut 1 Richard Mendome, kemudian pemenang 3 nomor urut 2 atas nama Maikel Sanger. “Untuk lomba mars Sulawesi Utara akan diumumkan dalam waktu dekat,”demikian disampaikan Kadis Diknas Asiano G. Kawatu S.E, M.Si bersama Kadisbudpar Ir Happy J. Korah M.Si.

Kepala Diknas Sulut Gammy Kawatu menambahkan, dalam launching tersebut Gubernur telah menyerahkan penghargaan kepada sekolah yang berprestasi di tingkat nasional serta bantuan bibit pohon kepada sekolah-sekolah.(alfa)