Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanManado

Program Untuk Ibu Hamil, GSVL : Sementara Jalan Bukan Baru Janji

×

Program Untuk Ibu Hamil, GSVL : Sementara Jalan Bukan Baru Janji

Sebarkan artikel ini
Lumentut
Walikota Manado GS Vicky Lumentut

MANADO, (manadoterkini.com) – Kepedulian Walikota GS Vicky Lumentut (GSVL) terhadap pelayanan kesehatan kepada masyarakat Kota Manado tak perlu diragukan lagi. Pasalnya, selain menjalankan program kesehatan gratis melalui program Universal Coverage (UC), GSVL sapaan akrab Walikota Manado ini telah lama meluncurkan layanan panggilan cepat call centre 118 bekerja sama dengan rumah sakit Prof Kandouw, Malalayang.

Dimana, layanan telepon darurat tersebut diharapkan akan meminimalisir angka kematian akibat keterlambatan tindakan medis. Dan didalamnya termasuk pelayanan untuk ibu yang akan melahirkan. “Untuk membantu masyarakat mendapatkan layanan kesehatan secara cepat, saya telah mengaktifkan Call Center 118 bekerjasama dengan RS Prof Kandou Manado,” ujar GSVL.

Lanjut dikatakan, untuk tahap awal pengoperasian Call Center 118, Pemkot didukung Palang Merah Indonesia (PMI) Manado dan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Manado, melakukan layanan cepat khusus ibu hamil. Dimana, ibu hamil yang butuh pelayanan langsung tekan 118 dan akan dilayani baik informasi maupun tindakan medis dirumah.

“Call Center 118 ini dibuat, diperuntukan bagi masyarakat Manado yang butuh pertolongan medis agar cepat dilayani, selain untuk mempercepat pelayanan mencegah terjadinya kematian khusus ibu-ibu hamil terutama untuk persiapan melahirkan, yang dilakukan bersama PMI dan PKK Manado. Silahkan tekan saja 118 nanti petugas medis yang akan pandu,” jelas Walikota yang dikenal peduli dengan kesejahteraan masyarakat ini.

Menurutnya, sekarang ini data mengenai ibu hamil di seluruh wilayah Manado telah ada disetiap kepala lingkungan. Sehingga, ketika butuh pelayanan medis, langsung menghubungi Call Center 118. “Ini baru tahap awal sementara kita membenahi yang lain-lain, nantinya Call Center 118 ini akan dibuka untuk semua masyarakat yang butuh penanganan medis cepat. Untuk layanan bagi ibu hamil sekarang sudah dan sementara jalan, bukan baru rencana,” pungkas GSVL.(ald)