Sabtu, 21 September 2019

Peduli Taman Laut Bunaken, Kementerian Pariwisata RI dan Pemprov Sulut Gelar Rakor FGD

SULUT, (manadoterkini.com)-Kementerian Pariwisata RI bersama Pemprov Sulut, terus berupaya keras dalam meningkatkan dan berupaya mempromosi pariwisata Sulut,terutama taman laut Bunaken.

Dimana kondisi Taman Laut Bunaken saat ini begitu memprihatinkan, apalagi masalah sampah yang seakan-akan tidak teratasi bahkan menjadi hiasan laut yang sangat membahayakan terumbuh karang dan biota laut lainnya.

Deputi pengembangan destinasi dan industri pariwisata, asisten deputi pengembangan infra struktur dan ekosistem pariwisata, Kementrian Pariwisata, Herry Cahyadi bersama timnya,Kamis(12/11) kemarin melaksanakan rapat koordinasi dengan forum grup diskusi (FGD) yang di dalamnya melibatkan para pemerhati wisata disulut, yang dibuka oleh kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Provinsi Sulut, Happy Korah, di salah satu hotel di Manado.

Kadis Korah dalam sambutanya mengatakan keberadaan Taman Laut Nasional Bunaken sekarang ini kondisinya memprihatinkan, dengan kondisi ini tentunya perlu peran dan keterlibatan berbagai elemen baik masyarakat maupun pemerintah, dalam usaha menyelamatkan salah satu destinasi wisata yang sudah dikenal oleh masyarakat Indonesia bahkan Manca Negara.

Korah menambakan, kalau ini terus dibiarkan, kedepan dipastikan lokasi taman laut bunaken akan tersingkir dari deretan tujuan wisata di indonesai,ujarnya.

Korah berharap peserta yang terlibat dalam forum rakor dapat berkontribusi dan menghasilkan hal yang positif bagi keberadaan taman laut bunakan, dengan berkolaborasi dengan programnya Gubernur Sulut, Soni Sumarsono “Mari Jo Ka Manado”.

Sementara itu staf ahli kementrian pariwisata, deputi pengembangan destinasi dan industri pariwisata, Harry Cahyadi mengatakan, tujuan dilaksanakan rakor FGD tersebut guna menyusun rencana induk dan ditail strategis pariwisata nasional (KSPN) khusu Taman Laut Bunaken, yang selama ini belum terbentuk. Agar nantinya forum ini akan menghasilkan rekomendasi-rekomendasi antar lintas sektor untuk dilaporkan langsung kepada Presiden Joko widodo.

Cahyadi berharap FGD dalam mengumpulkan data-data dilapangan agar benar tepat dan akurat, tidak mengada-ada karena dari dasar laporan tersebut Taman Laut Bunaken akan berkembang cepat terlebi infrastruktur, yang tentunya di dukung oleh berbagai instansi terkait seperti Kementrian, PU, Lingkungan hidup dan dukungan penuh dari Kementrian Pariwisata,ungkap Cahyadi.(alfa)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*