Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Pemerintahan

Pemprov Sulut Gelar Bimtek Pemeliharaan dan Pemanfaatan Database Kependudukan

×

Pemprov Sulut Gelar Bimtek Pemeliharaan dan Pemanfaatan Database Kependudukan

Sebarkan artikel ini

kependudukanSULUT, (manadoterkini.com) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut), Senin (16/11) mengelar Bimbingan Teknis (Bimtek) pemeliharaan, Pemanfaatan Database, Kependudukan dan Percetakan KTP-El tahun 2015.

Bimtek yang dilaksanakan di Hotel Top Manado ini dibuka langsung oleh Kabiro Pemerintahan dan Humas Pemprov Sulut Dr Jemmy Kumendong MSi mewakili Penjabat Gubernur Sulut DR Soni Sumarsono MDM.

Kumendong mengatakan, dengan dibukanya Bimtek tersebut, kiranya momentum ini bukan sekedar tuntutan dan kebutuhan organisasi semata. “Saya berharap, melalui kegiatan bimbtek ini akan memberikan pencerahan sekaligus pemahaman bagi para peserta mengenai pemeliharaan dan pemanfaatan database kependudukan dan pencetakan KTP-El, serta peningkatan kapasitas dalam pengelolaan keuangan dan aset yang didanai dari APBN sesuai dengan peraturan yang berlaku,” kata Kumendong.

Lebih lanjut Dia menambahkan, dalam rangka mewujudkan tertib administrasi kependudukan secara nasional, negara berkewajiban memberikan perlindungan dan pengakuan terhadap penentuan status pribadi dan status hukum atas setiap peristiwa yang dialami oleh penduduk dan atau WNI secara profesional. Apalagi pemerintah telah menetapkan UU No. 24 Tahun 2013 Tentang Perubahan atas UU No 23 Tahun 2002 Tentang Administrasi kependudukan (Adminduk) yang diikuti dengan pengalokasian anggaran dekonsentrasi kepada seluruh Provinsi dan kabupaten/Kota untuk melaksanbakan tugas pembantunan dalam memberikan pelayanan Adminduk secara nasional.

“Oleh sebab itu, pada tataran implementasinya, tentu dibutuhkanberbagai upaya konstruktif guna meningkatkan kapasitas SDA sebagai pelaksanan teknis di lapangan demi suksesnya pelaksanaan pelayanan Adminduk kepada masyarakat,” jelasnya.

Hal senada disampaikan Kabag Pemerintahan Boslar Sanger SE melalui Kasubag Dukcapil Drs Tonny Panungkelan menyebutkan, kegiatan yang diikuti 15 Dinas Dukcapil Kabupaten/Kota se- Sulut tersebut dilakukan bertujuan untuk memfasilitasi pemerintah kabupaten/kota dalam melakukan pelayanan penerbitan KTP-EL, kartu keluarga dan akta pencatatan sipil (akta kelahiran, kematian, perkawinan, perceraian pengakuan anak pengesahan anak), dan meningkatkan peran pemprov dalam pengelolaan keuangan, aset, (aset tetap dan aset lancar) yang didanai dari APBN.

Hadir dalam acar itu, diantaranya Kasubag Dekon TP Christian Iroth SSTP dan Kasubag Pemerintahan Umum Jenny Paomey SSTP. (alfa/dav).