Senin, 9 Desember 2019

Gerakan Bersih Kuala, Sumarsono dan GSVL Telusuri DAS Tondano

Walikota Manado

Nampak Walikota Manado GS Vicky Lumentut dan Sekprov Sulut SR Mokodongan. (ist)

MANADO, (manadoterkini.com) – Gebrakan Penjabat Gubernur Sulut DR Soni Sumarsono MDM, menghadirkan program Gerakan Bersih Kuala diapresiasi Walikota Manado GS Vicky Lumentut. Dimana pencanangan program tersebut sudah dimulai, Jumat (17/11) akhir pekan kemarin, dengan menelusuri Daerah Aliran Sungai (DAS) Tondano.

Untuk itu, Walikota GSVL sangat mengapresiasi dan mendukung sepenuhnya program yang menjadi gagasan Dirjen Otda Kemendagri untuk Ibukota Provinsi Sulut ini. Program ini seiring dengan impian Pemkot Manado, merevitalisasi daerah aliran sungai.

“Sebagai penanggungjawab di kota Manado, saya memberikan apresiasi terhadap program ini, apa terlebih Manado sebagai Ibukota Provinsi Sulawesi Utara memang harus menyiapkan diri menyambut porgram Mari jo ka Manado. Program Gerakan Bersih Kuala ini memang harus dilakukan secara berkelanjutan dengan tujuan mengantisipasi terjadinya bencana banjir lagi,“tandas GSVL.

Makanya, Walikota meminta instansi teknis terkait yang ada di lingkungan Pemkot Manado dapat menindaklanjuti program Gerakan Bersih Kuala dengan mengimbau pada warga yang berada di DAS Tondano untuk tidak membuang sampah di Sungai Das Tondano. “Kita akan menindaklanjuti program GeBeKa ini dengan melibatkan instansi teknis terkait serta warga agar Sungai Das Tondano bersih dari sampah,” tegas GSVL.

Pencanangan itu ditandai dengan penekanan tombol sirine Mendagri Tjohjo Kumolo bersama Gubernur dan unsur Forkopimda  Sulut melakukam pemukulan tetengkoren.

“Saya menyambut baik acara ini, karena sejak awal Sulut khususnya kota Manado, Minahasa dan kota-kota lain di Bumi Nyiur Melambai sudah menjadi daerah tujuan wisata. Untuk itu harus di wujudkan semangat gotong royong membersihkan lingkungan dan sungai,” ujar Kumolo.

Karena itu Kumolo mengajak, semua stakeholders di Sulut terus bangun semangat gotong royong dan kebersamaan, sehingga akan mempercepat kebersihan sungai,  pantai dan juga jalan.

Dalam kesempatan tersebut dilakukan penyerahan bantuan dua unit kendaraan truk sampah dari Pemprov kepada Pemkot Manado  serta penyerahan bak sampah bagi SD dan SMP Maumbi yang di serahkan Mendagri disaksikan Gubernur Sumarsono.(ald)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*