Senin, 9 Desember 2019

2016, Pemkab Minsel Bakal Terapkan Perpustakaan Berbasis Digital

AMURANG, (manadoterkini.com) – Untuk merangsang minat membaca bagi para pelajar dan masyarakat Tahun 2016 mendatang Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Selatan (Minsel) melalui Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah (KPAD) akan menerapkan program berbasis digital.

Bupati Christiany Eugenia Paruntu SE melalui Kepala KPAD Minsel Ventje Prok menjelaskan, program ini untuk mempermudah masyarakat mencari atau mendapatkan judul buku sebagai refrensi untuk mengetahui sesuatu.

“Nantinya KPAD akan mempunyai website sendiri yang bisa diakses masyarakat luas. Ini salah satu upaya untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) lewat membaca,” ujarnya.

Lebih lanjut Prok mengatakan, berbagai jenis buku yang terpampang di KPAD Minsel bukan cuma diperuntukan untuk para pelajar baik siswa dan mahasiswa, tetapi ada pula jenis buku tentang pertanian, peternakan, kelautan, serta jenis lainnya yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Saat ini KPAD mempunyai sekira 7.000-an jenis buku dengan model bacaan tertentu sesuai kriterianya. Diharapkan, penerapan perpustakaan berbasis digital di awal 2016 nanti dapat membantu masyarakat untuk menambah pengetahuan dengan membaca,” jelasnya.

Rencana tersebut mendapat dukungan dari sejumlah elemen masyarakat, seperti halnya yang disampaikan oleh Syalomita Inka Bella siswi SMP 1 Amurang. Dia mengaku, adanya penerapan perpustakaan berbasis digital tentunya sangat membantu para siswa, khususnya dalam mencari sesuatu atau pedoman sebagai refrensi belajar dan menyelesaikan tugas sekolah.

“Karena dengan website ini, tentunya akan mempermudah masyarakat dan kami juga sebagai pelajar untuk mencari judul dan bukunya. Justru itu kam berharap penerapan perpustakaan betbasis digital bisa secepatnya diadakan,” harapnya.(dav)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*