Senin, 9 Desember 2019

Inspektorat Mitra Temukan Pengeluaraan Berpotensi Rugikan Daerah di SKPD

RATAHAN, (manadoterkini.com)-Inspektorat Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) sejak pekan kemarin telah melakukan pemeriksaan reguler di tiap – tiap SKPD yang ada di Mitra. Dari hasil pemeriksaan tersebut, menghasilkan sejumlah temuan yang berpotensi kerugian daerah.

Kepala Inspektorat Robert Rogahang mengatakan, pemeriksaan yang dilakukan untuk pengelolaan anggaran tahun 2015 periode Januari sampai Juli, sebagaimana Program Kerja Pemeriksaan Tahunan (PKPT).

“Dari pemeriksaan yang kita lakukan, sudah ada 503 objek pemeriksaan yang kita lakukan dan paling banyak temuan kita adalah dokumen pertanggungjawaban dalam hal ini bukti pengeluaran tidak sesuai pengeluaran anggaran itu sendiri,” beber Rogahang.

Atas temuan tersebut, Rogahang mengaku telah mengeluarkan rekomendasi kepada SKPD dalam hal ini para bendahara untuk melengkapi dokumen pertanggungjawaban. “Ada pula temuan yang oleh aparat pemeriksa dikategorikan tidak bisa dipertanggungjawabkan. Rekomendasi yang kami keluarkan serius, bukan hanya sekedar gertakan, dan selaku Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) ini harus ditegakkan sebagai awal pencegahan terjadinya penyimpangan atas pengelolaan keuangan daerah yang menimbulkan kerugian,” tandasnya.(dav/tim)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*