Sabtu, 17 Agustus 2019

Lomba Lari Crhistmas 10K dan 5K Tunjang “Mari Jo Ka Manado”

lari 10k lari 10kSULUT, (manadoterkini.com) – Lomba lari Crhistmas Mari Jo Ka Manado 10 K dan 5 K yang diikuti ribuan peserta sukses didigelar. Tak ayal, Penjabat Gubernur Sulut Dr Sony Sumarsono MDM memberikan apresiasi kepada Ketua Kawanua Se-Dunia (KSD) Ibu Mieke Tumurang selaku Ketua Panitia, yang terus memberikan diri untuk Sulawesi Utara.

“Pemerintah Provinsi Sulut menyampaikan ucapan terima kasih, disertai apresiasi yang tinggi kepada Ketua KSD Ibu Mieke Tumurang beserta segenap pengurus dan anggota, dimana ditengah agenda pulang kampung meskipun sedang bersama dengan keluarga di kampung halaman KSD senantiasa menunjukan eksistensinya sebagai suatu organisasi yang peduli terhadap pembangunan olah raga di Bumi Nyiur Melambai, yang sudah berkali-kali menggelar lomba lari marathon seperti ini,” ujar Gubernur Sumarsono saat melepas peserta lomba kategori umum dan kelompok pelajar, Sabtu (12/12) lalu di lapangan Koni Sario Manado.

“Saya pun mengimbau kepada para peserta yang berasal dari luar daerah agar setibanya di daerah asal, kiranya dapat menyampaikan kepada rekan dan sanak saudara akan keindahan panorama alam dan ramahnya masyarakat Sulut, dilain waktu ajaklah untuk Mari Jo Ka Manado, “ajak Sumarsono.

Karena itu Dirjen Otda Kemendagri ini berharap, sinergitas positif dengan Dispora Sulut kiranya diplihara terus sehingga kegiatan bernilai penting dan strategis kedepan dapat terselenggaran kembali.

Ketua Panitia Mieke Tumurang mengatakan, adapun hasil lomba untuk kategori putra 10 K keluar sebagai juara 1 Agus Prayogo (Jabar), Juara 2 Acong Tio Purwanto Jatim, juara 3 Nursodik Jogya. Katergori Putri 10 K juara 1 Rini Budiarti DKI, juara 2 Yanita dan juara 3 Okdeta DKI. Sementara untuk tingkat pelajar 5 K Putri juara 1 Glady Krikil, juara 2 Marlan T, juara 3 Algriyani Pusut.

“Prayogo maupun Budiarti merupakan pelari jarak jauh andalan Indonesia sekaligus keduanya merupakan peraih Medali Emas di Sea Games Singapura baru lalu, sedangkan untuk juara 2 hingga 5 putra/putri merupakan atlet-atlet pelatnas yang berasal dari 9 Provinsi,” jelas Tumurang.

Dijelaskannya, untuk Juara 1 s/d 10 dari setiap kategori dan kelompok mendapatkan hadiah berupa uang pembinaan, medali dan trophy.

Juara 1 putra/putri 10 K menerima uang pembinaan masing-masing Rp.20 Juta, demikian pula dengan lomba lari 5 K kategori pelajar juara 1 putra/putri menerima uang pembinaan Rp.3 Juta, sembari menambahkan, sumber pembiayaan berasal dari Kementerian Pemuda dan Olah Raga, Yayasan KSD yang di dukung oleh Gubernur Sumarsono, Kapolda Sulut, Dan Rem 131 Santiago, Kapolresta Manado dan sponsor, tandas Isteri tercinta dari pengusaha sukses di Prancis Michel Ranud.

Sementara Kadis Pemuda dan Olahraga Sulut Drs Mecky M Onibala MSi menyebutkan, kegiatan ini bertujuan selain mempererat tali persaudaraan antar masyarakat, instansi pemerintah baik sipil maupun TNI/Polri, lembaga pendidikan serta organisasi yang berasal dari seluruh lapisan, tapi juga untuk meningkatkan semangat persaudaraan dan persahabatan antar generasi muda dalam menghadapi tantangan global.

Onibala menambahkan, kegiatan ini merupakan hasil kerjasama Kemenpora RI, KSD serta Pemprov Sulut.(alfa)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*