Selasa, 16 Juli 2019

Diduga Sarat Money Politik, AMPD Tomohon Demo Panwaslu dan KPUD

TOMOHON, (manadoterkini.com)-Ribuan warga yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Penegak Demokrasi (AMPD) Kota Tomohon melakukan Aksi demo mengkritik maraknya Money Politik dalam Pilwako Tomohon,di Panwaslu dan KPUD Tomohon pada Rabu (16/12) siang tadi.

Aksi damai itu, menyebabkan kemacetan di depan kantor Panwaslu Minse karena ribuan warga berorasi didepan pintu masuk panwaslu hingga memadati jalan raya.

Rombongan massa itu mendatangi Kantor Panwaslu dan KPUD Tomohon dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat, aksi itu mendapat pengawalan ketat dari aparat kepolisian Polres Tomohon dan TNI untuk menghindari tindakan anarkis dari masa.

Berbagai macam spanduk yang bertuliskan tentang kecurangan pemilu dengan membeli suara kepada warga sebagai bukti bahwa pilwako Tomohon sudah ternoda dengan adanya politik uang. kemenangan paslon dirasa oleh warga karena hak suara para warga dibeli oleh uang. warga menuntut supaya Panwaslu dan KPUD Tomohon supaya mengusut tuntas kasus politik uang sebelum pelaksanaan pilkada 9 Desember 2015 pekan lalu . Terbukti dengan tertangkapnya pelaku money politik disejumlah kecamatan di Tomohon namun hingga kini belum ada titik jelas penangananya.

Kordinator aksi, Joudi Turambi SH menegaskan aksi demonstrasi meminta penyelenggara pilkada Panwas dan KPUD Tomohon menindak tegas dugaan politik uang yang terjadi. bagaimana pun fenomena politik uang telah menodai nilai kejujuran dan keadilan berdemokrasi di Kota Tomohon. “Dengan melibatkan PNS serta politik uang, pelaku politik uang telah terang-terangan merampas hak rakyat dalam menentukan pilihannya dalam pilkada kemarin,” koar Turambi yang didampingi Yongki Sumual dan Sonny Moningka.

Mereka juga meminta Panwaslu dan KPUD Tomohon menunda hasil Pilwako yang baru saja digelar karena bermasalah.

Menanggapi aksi warga, pihak Panwas dan KPUD Tomohon berjanji profesional dan proporsional menyikapi fenomena dugaan politik uang yang terjadi. “Kita akan kotdinasi dulu dengan Panwaslu, jika mereka rekom, kami akan pelajari dulu sesuai aturan yang berlaku,” ujarnya singkat.

Sementara itu, dari pantauan manadoterkini.com hingga pukul 19 : 55 WITA para pendemo masih memadati kantor KPUD Tomohon.(efd)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*