Sabtu, 19 Oktober 2019

Naik 144 Persen, 2016 Desa di Minsel Bakal Mandi Uang

AMURANG, (manadoterkini.com)-Kalau tidak ada aral melintang, Tahun 2016 Sejumlah Desa yang ada dikabupaten Minahasa Selatan (Minsel) bakal mandi uang. Pasalnya, untuk Dana Desa (Dandes) yang ada di sejumlah tersebut mengalami kenaikan yang mencapai 144 persen, masing-masing desa yang ada akan menerima anggaran mulai dari 580 juta hingga 600 juta lebih setiap desa.

Hal tersebut disampaikan Kepala BPMPD Minsel Drs Benny Lumingkewas kepada manadoterkini.com. Menurut Lumingkewas, sesuai PAGU yang ada, total dana desa untuk Minsel di tahun 2016 sebesar 100,3 Miliar atau naik 144 persen dari tahun lalu yang hanya berjumlah 40,9 miliyar.

Mantan Kabag Humas Pemkab Minsel ini juga mengungkapkan, dengan mekanisme atau aturan pembagian, yakni 90 persen dibagi rata dan 10 persen dibagi sesuai prorsional desa, maka besaran dana yang akan diterima setiap desa bervariasi mulai dari 580 juta hingga 600 juta lebih.

Bukan hanya dana desa saja, bahkan untuk Alokasi Dana Desa melalui APBD 2016 Minsel juga bertambah, yang totalnya sebesar 53 Miliyar yang akan dibagi ke 167 desa yang ada. Anggaran tersebut dibagi 60 persen untuk penghasilan tetap hukum tua dan perangkat desa, serta 40 persen untuk pemberdayaan masyarakat.

Dengan total anggaran yang akan masuk ke desa tersebut, maka diharapkan kemajuan pembangunan disetiap desa, terlebih dalam memacu roda perekonomian dan kesejahteraan masyarakat makin terjamin. “Untul itu, bagi para pengguna anggaran saya berharap dapat menggunakan anggaran dengan transparan, tanpa ada penyimpangan,” harapnya.(dav)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*