Sabtu, 19 Oktober 2019

Penjabat Bupati Minsel Segera Sidak Harga Bapok dan Makanan Kadaluarsa

manadoAMURANG, (manadoterkini.com) – Penjabat Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Ir Rene Hosang MSi bersama Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindakop), Bagian Ekonomi dan instansi terkait lainnya menjelang natal dan tahun baru akan melakukan sidak harga bahan pokok (Bapok) dan makanan kadaluarsa di sejumlah pasar tradisional dan supermarket dan toko- toko yang ada di Minsel. Hal tersebut disampaikan langsung Ir Rene Hosang MSi kepada sejumlah wartawan. “Saya akan lakukan melakukan sidak, dan akan menggandeng dinas terkait,” katanya.

Dia menyampaikan, tim gabungan akan turun ditiap kecamatan bahkan sampai kedesa-desa, untuk mengambil sampel makanan. “Kami akan periksa apakah makanan ini masih layak di konsumsi atau tidak,” jelasnya.

Hosang menuturkan, sangat penting dilakukan sidak, guna mengantisipasi pedagang yang sengaja menjual makanan tak layak konsumsi serta menaikan harga. Pasalnya, masyarakat awam sering kali tidak melihat kondisi makanan dan langsung dimakan. “Ini yang perlu diantisipasi. Agar masyarakat awam tidak memakan makanan yang akan membayakan kesehatannya,” ujarnya.

Sedangkan, untuk sanksi bagi pedagang yang kedapatan menjual makanan kadarluarsa, disebutkannya, akan memberikan teguran tertulis sampai tiga kali, dengan maksud untuk mendapat pengarahan. Kalau tidak diindahkan, maka dirinya akan mengambil langkah tegas. “Kalau tidak dapat dibina, tentu saya akan ambil tindakan tegas, dari pada harus membahayakan kesehatan orang lain. Misalnya, mencabut ijin usahanya. Tentunya bekerjasama dengam pihak perijinan,” tandasnya.(dav)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*