Selasa, 16 Juli 2019

Digagas Pakasaan Passo, Sumarsono Hadiri Pencanangan Desa Budaya

MTerkini.com, SULUT – Kunjungan kerjaPenjabat Gubernur Sulut Dr Soni Sumarsono MDM, di Desa Passo Kecamatan Kakas Barat, Kabupaten Minahasa, Selasa (29/12) kemarin, dalam rangka Pencanangan Desa Budaya Wisata yang digegas oleh Lembaga Swadaya Masyarakat Pakasaan Passo Indonesia (LSM-PPI).

Paso

Penjabat Gubernur menikmati makanan beralaskan daun pisang

Manariknya, saat tiba di Desa tersebut, Dirjen Otda Kemendagri memenuhi undangan Panitia LSM-PPI, didampingi istri Dra Tri Rachayu, serta kedua Putri tercinta Dwi Listy dan Tri Wulan diarak menaiki bendi dan menikmati santapan makan siang yang disugukan oleh warga di atas meja beralaskan daun pisang serta menyempatkan minum saguer (minuman khas minahasa yang berasal dari pohon aren)

Saat memberikan sambutan, Sumarsono menuturkan jika ingin menjadi desa budaya dan pariwisata syaratnya utama harus bersih dan indah serta masyarakat harus ramah dan senyum bagi wisatawan yang datang.

‘’Karena itu Pemerintah Provinsi akan membina 30 generasi muda Desa ini, untuk menjadi pemandu wisata, sehingga mampu menjelaskan keberadaan danau Tondano, situs purbakala serta air panas,’’ ungkapnya.

Paso

Bersama Ketua TP-PKK Sulut menikmati minuman saguer

Untuk itu Sumarono mengajak, masyarakat Passo menjaga sekaligus merawat objek-objek wisata yang ada, serta membangun objek-objek wisata baru dengan simbol-simbol Budaya Minahasa.

Sementara itu, Ketua Umum Pakasaan Passo Indonesia (PPI) Jemmy Ringkuangan , menyatakan dukungannya Program pemerintah Provinsi Sulut Mari Jo Ka Manado, lewat berbagai potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia yang dimilikinya. ‘’Kami ingin menjadikan desa ini sebagai desa budaya dan pariwisata dengan air panas menjadi primadona,” ujar Karo Umum Setda Provinsi Sulut ini.

Ringkuangan menyebutkan, kehadiran PPI tidak hanya sekedar gagah-gagahan akan tetapi untuk pengabdian pada masyarakat lewat sektor kebudayaan dan pariwisata.

Untuk itu sekali lagi, Atas nama pribadi dan organisasi Pakasaan Passo Indonesia (PPI) dan seluruh rakyat desa Passo, dari hati yang tulus menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubernur Sulut Bpk. Dr. Soni Sumarsono, MDM dan Ketua TP PKK Prov. Sulut, Ibu Dra. Tri Rachayu Sumarsono yang telah mencanangkan desa Passo Kecamatan Kakas Barat Minahasa sebagai desa wisata budaya serta turut mendonorkan darah untuk kemanusiaan! Tuhan memberkati selalu karya dan pengabdian bapak sekeluarga…amin,” kunci Ketua KNPI Minahasa ini.

Pantauan manadoterkini.com dilapangan sebelumnya Pj Gubernur Sumarsono bersama Ibu telah melakukan donor darah, dan menyerahkan bantuan diakonia kepada para kaum lansia. (alfa)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*