Sabtu, 17 Agustus 2019

CEP Pemimpin Minsel Dengan Sederet Prestasi dan Penghargaan

WasengSEJUMLAH prestasi dan Penghargaan telah diukir Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) melalui Bupati Christiany Eugenia Paruntu SE (CEP) di tahun 2015.

Penilaian opini wajar dengan pengecualian (WDP) atas laporan keuangan pemerintah daerah tahun anggaran 2014 menjadi tonggak awal diraihnya sederet penghargaan dari Pemerintah Pusat di awal tahun 2015.

Di bidang administrasi kependudukan dan pencatatan sipil, Kabupaten Minsel, tahun ini mendapatkan penghargaan Kementerian Dalam Negeri. Penghargaan diberikan karena Minsel salah satu kepemilikan akta kelahiran tertinggi di seluruh kabupaten/kota di Indonesia.

Di tingkat nasional, pemerintah pusat menargetkan persentase kepemilikan akta kelahiran anak usia 0-18 tahun pada 2015 sebesar 75 persen. Dan, akan meningkat pada 2016 dengan target mencapai 77,5 persen.

Di bidang pertanian, Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pertanian memberikan penghargaan kepada Pemkab Minsel atas kontribusi terhadap produksi beras dan komitmennya dalam mendukung upaya khusus (upsus) swasembada padi, jagung dan kedelai Tahun 2015.

Sementara itu, tahun ini, Kabupaten Blora tidak lagi terlambat dalam menetapkan APBD. APBD Minsel 2016 telah ditetapkan dalam rapat paripurna DPRD pertengahan Desember 2015 lalu. Penetapan yang tepat waktu tersebut mengakhir tradisi di Minsel yang selama beberapa tahun selalu terlambat dalam menetapkan APBD. Bahkan paling cepat ketiga di Sulut.

Prestasi lainnya yang diraih adalah Penghargaan Adiwiyata Nasional 2015. Penghargaan diberikan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan kepada SD N 2 Amurang. Sekolah tersebut dinilai berhasil dalam menerapkan kebijakan sekolah berbudaya lingkungan, kurikulum berbudaya lingkungan, kegiatan sekolah berbasis partisipatif dan sarana prasarana sekolah yang ramah lingkungan.

Tidak hanya itu, sebelumnya CEP telah menerima sejumlah pemghargaan seperti, penhargaan Satyalancana Wira Karya Pembangunan 2015 yang disematkan Presiden RI Jokowi. Tanda Kerhomatan Bintang Jasa Utama 2015. dikalungkan juga oleh Presiden RI Jokowi dan penghargaan JKN dari Kementerian Kesehatan serta sejumlah pemghargaan lainnya.(***)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*