Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Minahasa Selatan

Gunung Soputan Tiga Kali Letusan, Minsel Masih Aman

×

Gunung Soputan Tiga Kali Letusan, Minsel Masih Aman

Sebarkan artikel ini

MTerkini.com, AMURANG – Gunung Soputan yang terletak diantara Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) dan Minahasa Tenggara (Mitra) tercatat sudah tiga kali meletus, pertama pada Senin (4/1) malam sekitar pukul 20.53 WITA. Kemudian kedua status kembali meningkat Selasa (5/1) kemarin sekitar 03.08, dan ketiga meletus pada pukul 06.38 WITA.

Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Minsel Handrie Komaling, letusan tersebut disertai awan panas mengarah ke tenggara, sementara tinggi abu vulkanik mencapai 6,5 Kilometer.

Masyarakat sekitar dilarang beraktivitas hingga 6,5 Kilo Meter dari kaki Gunung Soputan. “Hingga siang ini, dampak dari letusan Gunung Soputan ini seakan tidak melanda daerah Minsel. Abu vulkanik hanya mengarah ke bagian Minahasa dan Mitra, sedangkan dua desa di Minsel yang berdekatan dengan Gunung Soputan yakni Desa Kotamenara Kecamatan Amurang Timur, dan Desa Ranoketang Kecamatan Amurang tidak terkena dampak abu vulkanik tersebut,” ujarnya.

Kendati demikian Komaling mengatakan, bahwa pihaknya telah meninjau ke dua desa tersebut, dan telah memberikan masker, sembari terus menghimbau masyarakat di dua desa tersebut untuk waspada.

Sementara itu, Hukum Tua Desa Kotamenara Joyke Sondakh ketika dikonfirmasi manadoterkini.com mengatakan, bahwa pasca tiga kali letusan gunung soputan, tidak ada dampak yang dirasakan. Masyarakat menjalankan aktifitas seperti biasa.

“Akan tetapi saya sudan menghimbau agar masyarakat tetap waspada.,” katanya. Diketahui, jarak antara kaki gunung soputan dengan Desa Kotamenara hanya 5 Kilometer.(dav)