Senin, 21 Oktober 2019

BPS Tomohon Ajak Warga Sukseskan Sensus Ekonomi 2016

MTerkini.com, TOMOHON – Dalam rangka menunjang Program Pemerintah Pusat tentang stastistik yang salah satunya adalah kegiatan sensus ekonomi yang dilaksanakan setiap 10 tahun sekali yang pada tahun berakhir angka 6 (enam), maka pada tahun 2016 ini BPS Kota Tomohon akan melaksanakan sensus ekonomi 2016 dengan tujuan, mengumpulkan dan menyajikan data dasar seluruh kegiatan ekonomi sebagai landasan bagi penyusunan kebijakan perencanaaan dan evaluasi pembangunan.

Menurut epala Badan pusat statistik (BPS) Tomohon Hirsfeld Manulang Ssi Msi, mengatakan kalau saat ini dalam rangka melakukan sensus ekonomi tahun 2016 ini pihaknya telah merekrut sebanyak 156 petugas untuk dilepas dilapangan menfambil data setiap usaha dari masyarakat usaha kecil menengah dan kalangan pengusaha yang ada di tomohon.

“Mereka kita rekrut untuk diturunkan kelapangan melakukan pendataan kembali,” ujarnya kepada manadoterkini.com Kamis (7/1) siang tadi diruang kerjannya.

Dia juga menjelaskan bahwa, para petugas tersebut mereka rekrut dan telah diseleksi dengan cara diberikan pelatihan konsep dan devinisi metode cara berkoordinasi di lapangan selama seminggu yang akan pelaksanakan sensus ekonomi 2016 serentak nasional diseluruh wilayah indonesia.

Dalam perekrutan petugas dilapangan tersebut berasal dari kelurahan setempat yang perekrutan petugas sensus mereka adalah Sarjana/SMA. “Namun sebelum turun di lapangan, para petugas sensus ini dibekali dengan pelatihan dan konsep devinisi yang diatur oleh BPS di lapangan selama 5 hari yang akan dilaksanakan pada awal bulan April sebelum pendataan pada tanggal 1-31 Mei 2016,” jelasnya.

Oleh karenanya Dia meninta kepada masyarakat yang ada di Kota Tomohon untuk mensukseskan sensus ekonomi 2016, dengan cara memberikan data yang benar kepada petugas.(efd)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*