Senin, 21 Oktober 2019

Rumayar Akhirnya Divonis 4 Tahun Penjara

Vonis EPE

Rumayar memakai kemeja putih mendengarkan putusan Hakim

MTerkini.com, TOMOHON – Mantan Walikota Tomohon Jefferson SM Rumajar (Epe) akhirnya divonis 4 tahun, 6 bulan penjara dan denda 200 juta. Rumayar terbukti melakukan korupsi APBD Kota Tomohon tahun 2009 hingga 2010.

Sidang yang digelar di Pengadilan Negeri Manado, (08/01/2016) dipimpin Hakim Ketua Aminal Umum SH MH, didampingi Hakim anggota Vincentius Banar SH MH, Darius Naftali SH MH, Wennynanda SH, dan Nich Samara SH MH.

Putusan terhadap Rumayar lebih ringan dari tuntutan Jaksa yakni 10 tahun, namun diwajibkan membayar ganti rugi kurang lebih 19 Miliar rupiah, subsider 1 tahun penjara.

Saat ditemui wartawan, Rumayar mengatakan putusan ini telah selesai dan tinggal menunggu langkah KPK selanjutnya. Karena berdasarkan putusan hakim dia hanya terbukti menyalahgunakan keuangan negara sebesar kurang lebih 19 Miliar rupiah dari yang disangkakan yakni 70 Miliar rupiah.   Jadi ada sekitar Rp 51 Miliar uang negara yang raib.

“Saya berharap KPK terus melakukan penyelidikan agar orang-orang yang tersangkut menikmati juga diproses hukum,”pinta Rumayar.

Sementara itu Budi Nugraha salah satu Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK menjelaskan pihaknya masih akan mempertimbangkan terlebih dahulu apakah akan melakukan banding atau tidak atas putusan hakim tersebut. ”Kita punya kesempatan tujuh hari, karena putusan ini jauh dari tuntutan kami,” tandas Nugraha.

Untuk diiketahui putusan terhadap Rumayar ini mengacu pada pasal 2 ayat 1, jo pasal 18 Undang-Undang nomor 31 tahun 1999 sebagaimana telah diubah dan ditambah dengan UU nomor 20 tahun 2001 jo pasal 55, ayat (1) ke-1 KUHP, jo pasal 65 ayat (1) KUHP jo pasal 5 ayat (1) huruf a UU nomor 31 tahun 1999 sebagaimana telah diubah dan ditambah dengan Undang-Undang nomor 20 tahun 2001 jo pasal pasal 71, KUHP. (efd/vic)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*