Senin, 21 Oktober 2019

2015 Lalu, 4 Ranperda Gagal Ditetapkan DPRD Boltim

MTerkini.com, TUTUYAN – Sedikitnya, empat Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) yang masuk dalam Program Legislasi Daerah (Prolegda) tahun 2015 lalu, gagal ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda) oleh DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim). Keempat program tersebut diantaranya, Perda Inisiatif dewan yakni Hari Ulang Tahun (HUT) Boltim. Sementara tiga program lainnya dari eksekutif seperti Perda CSR, Lembaga Adat dan BUMD.

Hal ini diakui Kepala Bagian Hukum dan Risalah Sekretariat Dewan (Sekwan) Boltim Afandi Abdul SE kepada sejumlah wartawan.Menurutnya, yang menjadi kendala DPRD untuk menindaklanjuti empat Ranperda tersebut, karena tidak tersedia anggaran untuk naskah akademiknya. Sebab itu, kata Abdul, dalam Prolegda tahun 2016, keempat Ranperda itu harus diusulkan kembali.

“Prolegda tahun 2016, ada 13 Ranperda. Masing-masing 10 Ranperda usulan eksekutif dan 3 perda inisiatif DPRD. Itu sudah termasuk 4 ranperda yang tidak tuntas tahun 2015,” ujarnya.

Lanjut Dia mengatakan, kendala DPRD membahas perda inisiatif, CSR, Lembaga Adat dan BUMD, selain masalah anggaran naskah akademik, tidak lepas juga karena bertepatan tahun politik agenda Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Boltim, yang tidak bisa dihindari oleh para anggota DPRD.

“Tapi untuk tahun 2016, kami kira tidak ada masalah. Dengan tersedianya anggaran, saya optimis 13 Ranperda yang sudah masuk dalam Prolegda semuanya dapat ditetapkan menjadi Perda,” pungkasnya.(*/tim)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*