Selasa, 22 Oktober 2019

Pilkada Boltim, Partisipasi Pemilih Peringkat Pertama di Sulut, Ketiga Nasional

MTerkini.com, TUTUYAN – Partisipasi masyarakat Bolaang Mongondow Timur (Boltim) di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang dilaksanakan pada 9 Desember tahun 2015 lalu benar-benar patut diancungi jempol. Pasalnya, Boltim merupakan peringkat pertama dalam partisipasi pemilih dan peringkat ketiga di tingkat Nasional.Hal tersebut disampaikan Sekretaris Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Boltim Arfan Palima S.Hut kepada sejumlah wartawan.

Menurut Palima bahwa, partisipasi pemilih di Boltim dalam penyelenggaran Pilkada serentak, baik pemilihan Gubernur maupun Bupati meraih peringkat pertama di Sulut dan peringkat ketiga tingkat Nasional setelah Kabupaten Nabire dan Sorong Selatan. “KPU RI sangat mengapresiasi atas partisipasi pemilih di Pilkada Boltim tahun ini. Kita masuk peringakat satu se-Sulut dan ketiga Nasional,” ujarnya.

Lanjut Dia mengatakan, dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) kurang lebih 89 persen pemilih telah menggunakan hak pilihnya. Menurutnya, angka ini terbilang fantastis karena sudah diatas standart nasional. Dipihak lain, kata Palima, yang perlu dibanggakan lagi dimana hasil Pilkada serentak di Boltim, hinggga tanggal 31 Desember tahun 2015 lalu, tanpa ada gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK). Sehingga, KPUD Boltim telah menetapkan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih yakni Sehan Landjar SH – Drs Rusdi Gumalangit sebagai peraih suara terbanyak Pilkada Boltim untuk periode 2016-2021.

“Pilkada Boltim juga tanpa ada gugatan. Jadi ini juga bagian dari prestasi KPU yang telah melaksanakan Pilkada dengan baik,” tambahnya.

Mantan Kabag Humas Pemkab Boltim ini dengan berani menyatakan bahwa KPU sangat sukses melaksanakan Pilkada di Kabupaten Boltim. “Prestasi ini tidak lepas dari kerja keras KPUD, Panwas, Polri dan TNI serta semua masyarakat. Hasilnya, tingkat partisipasi pemilih di Boltim bisa diakui di tingkat nasional,” tandasnya.(tim/*)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*