Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Ekonomi dan Bisnis

Ingatkan SKPD Pemprov Sulut Hadapi MEA, Rumopa : Tingkatkan Kinerja Berbasis Ekonomi

×

Ingatkan SKPD Pemprov Sulut Hadapi MEA, Rumopa : Tingkatkan Kinerja Berbasis Ekonomi

Sebarkan artikel ini

Pdt RumopaMTerkini.com, SULUT – Tantangan pemerintah dan rakyat Sulut kedepan semakin berat. Apalagi awal tahun 2016 ini efektif diberlakukan sistem perdagangan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Tokoh masyarakat, Pdt Lucky Rumopa MTh mengingatkan para pejabat di lingkungan pemerintahan provinsi meningkatkan kinerja berbasis ekonomi kerakyatan bukan sebaliknya “cari muka” kepada atasan dan mengorbankan rakyat.

“Pejabat-pejabat di sekitar gubernur jangan mendesain kinerja carmuk tanpa memperhatikan substansi kebutuhan rakyat. Kedepan para kepala SKPD harus bekerja cari muka vor rakyat dengan berbagai kebijakan untuk meningkatkan daya saing masyarakat,” ujar Rumopa.

Lanjut Rumopa, daya saing masyarakat akan meningkat jika pemerintah mampu menggerakkan sektor kreatif seperti kerajinan tangan, UMKM, pariwisata dan lain-lain.

“Ketika pasar bebas Asean apa yang bisa kita jual? Jika eksekutif, para kepala SKPD tidak mampu mengeluarkan kebijakan pro rakyat dan tidak bisa menggerakan ekonomi di daerah maka kita hanya akan menjadi tamu dan penonton di rumah kita sendiri,” terang Rumopa.(jef/tim)