Selasa, 22 Oktober 2019

Tahun 2015, Hanya 27 Koprasi yang Sehat di Bitung

SondakhMTerkini.com, BITUNG – Data Dinas Koprasi dan UMKM Kota Bitung hanya 27 koprasi yang sehat selang tahun 2015. Padahal dari 532 koprasi, 505 diantaranya dinyatakan tidak sehat alias sakit.

“Dari 532 Koperasi yang terdaftar di Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bitung, untuk tahun 2015 hanya 27 koperasi dinyatakan sehat, sedangkan untuk tahun 2016 ini baru 3 koperasi kategori sehat,” ujar Kadis Koperasi dan UMKM Kota Bitung, Jefrry Sondakh.

Ia menjelaskan, kategori Koperasi sehat salah satunya adalah telah melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) dua tahun terakhir. Dari 158 Koperasi yang aktif, tidak semuanya dinyatakan sehat karena memiliki masalah dengan kepengurusan dan pengelolan keuangan sehingga tidak bisa melaksanakan RAT.

“Hal ini sesuai dengan Undang-undang nomor 25 tahun 1992 tentang Koperasi, dimana struktur dalam kelembagaan koperasi yang tertinggi adalah RAT kemudian Pengurus dan Pengawas, artinya posisi RAT memegang peranan penting dalam koperasi, kalau ini tidak dilakukan koperasi tersebut belum dinyatakan sehat,” jelas Sondakh.

Ditambahkannya, langkah-langkah kongkrit yang diambil oleh Dinas Koperasi dan UMKM terhadap koperasi yang tidak sehat tersebut dengan memberikan arahan dan solusi sesuai dengan aturan yang berlaku. Kalau memang tidak bisa di Bina, maka Koperasi tersebut akan dicoret dari daftar yang ada.

“Terkait dengan target dari Dinas untuk tahun 2016, akan terus mensosialisasikan program pemerintah kepada pelaku usaha baik Koperasi maupun perorangan, secara khusus bagi pelaku usaha tradisional contohnya pedagang Tinutuan, pembuat kue tradisional dan berbagai usaha tradisional lainnya,” pungkasnya.(ref)

Tags: , ,
Subscribe to Comments RSS Feed in this post

One Response

  1. Kami penjual di pasar girian, sdh memasukan berkas..katanya dana koprasi,tpi sampai skrg blm cair,, bpk bisa bantu nagaimana ctax itu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*