Senin, 23 Oktober 2017

Sampah Hiasi Ibukota Boltim, Pemkab Diminta Segera Bangun TPA/TPS

MTerkini.com, TUTUYAN - Sampah yang ada diwilayah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) beberapa minggu terakhir ini terus meningkat. Seperti halnya yang terpantau manadoterkini.com, terlihat mulai dari Ibukota Tutuyan hingga ibukota Kecamatan, tumpukan sampah menjadi pemandangan buruk yang berkeliaran dimana-mana.

Sementara Pemkab Boltim berjanji akan membangun Tempat Pembuangan Akhir (TPA) atau Tempat Pembuangan Sementara (TPS) hingga kini belum juga terwujud.

Menurut sejumlah warga yang ada di Ibukota Tutuyan, masalah sampah sudah perlu diseriusi pemerintah. Karena, masyarakat sekarang ini tidak lagi bisa menampung sampah di tempat-tempat yang tersedia. Alhasil, mereka terpaksa membuang dipinggiran jalan, selokan maupun sekitar halaman rumah.
“Pemkab harusnya mempercepat membangun TPA atau TPS, karena ini sudah mendesak untuk dimanfaatkan. Lihat saja, tumpukan sampah sekarang terus meluas menghiasi ibukota dan pemukiman masyarakat,” ungkap pemerhati budaya Boltim Jamal Rahman Iroth.
Dia meminta agar Pemkab Boltim secepatnya membangun TPA/TPS yang representatif diwilayah Tutuyan. Sebaiknya TPA dibangun didua tempat, tidak hanya diwilayah Tutuyan tetapi ada juga di Modayag bersatu. “Kami setuju usulan DPRD Boltim beberapa waktu lalu, agar ada dua TPA/TPS dibangun, baik di Tutuyan maupun Modayag,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Boltim melalui kepala Bappeda Mat Sunardi S.PKP dan Kepala Bagian Pembangunan Setdakab Boltim Drs Elvis Siagian ketika dikonfirmasi menyatakan bahwa, untuk lahan TPA/TPS memang sudah diprogramkan pemerintah. Dan itu pada tahun 2016 TPA tersebut akan mulai dibangun yakni berlokasi di Desa Dodap. Sedangkan, usulan TPA di Modayag, tentunya hal in akan dipikirkan pemerintah. “Lahan TPA sudah ada, pembangunanya tinggal menunggu anggaran tahun ini,” ujar keduanya.(tim/*)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*