Selasa, 22 Oktober 2019

KPU Manado Persiapkan Tahapan Pilwako

Jusuf WoworMTerkini.com, MANADO – Komisi Pemilihan Umum Kota Manado tengah mempersiapkan pelaksanaan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Manado yang tertunda buntut terkait putusan pasangan Jimmy Rimba Rogi dan Bobby Daud apakah ikut dalam pilwako atau tidak.

Kepada manadoterkini.com, Ketua KPU Manado Jusuf Wowor mengatakan pasca turunnya putusan kasasi untuk paslon nomor 2 tersebut, KPU Manado sudah mulai mempersiapkan agenda pemilihan tersebut. “Sementara dipersiapkan, kami akan rapat dulu berkaitan dengan tahapan sampai hari H pelaksanaannya,” ucap Wowor di kantor KPU Manado, Selasa (20/1/2016) sekitar Pukul 13.30 Wita.

Sementara itu terkait penambahan anggaran untuk Pilwako Manado, Wowor mengatakan KPU Manado telah bertemu dengan Penjabat Walikota Royke Roring, dan Pemerintah daerah siap membantu asalkan sesuai dengan prosedur. “Kami telah menyurat akhir tahun 2015 dan telah bertemu dengan Penjabat baru-baru ini. Dan Pemkot akan menunggu payung hukum pencairan anggaran dari Menteri Dalam Negeri,” jelasnya.

Saat ditanya berapa perkiraan dana yang dibutuhkan, Wowor mengatakan sekitar 8 Milyar lebih. “Iya, sekitar Rp 8 Miliar lebih,” tutup Wowor.

Seperti diketahui, Pilwako Manado ditunda pelaksanaan pemilihannya pada pilkada serentak 2015 lalu berkaitan dengan masalah hukum Paslon Walikota Jimmy Rimba Rogi, tapi pekan lalu telah diputuskan bahwa Jimmy Rimba Rogi tetap tidak bisa ikut serta dalam Pilwako Manado.

Ditempat terpisah, warga Manado menyambut baik jika pIlwako akan dilaksanakan secepatnya, “Bagus kalu secepatnya, kasian calon telah melakukan sosialisasi dengan mengeluarkan waktu dan dana yang besar, bagaimana jadinya jika ditunda pada 2017,” ujar Jimmy Mokoginta warga Sario. (chris)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*