Selasa, 17 Oktober 2017

Lomban Presentasekan KEK dan MEA

Wawali BitungMTerkini.com, BITUNG – Wakil Walikota Bitung MJ Lomban menjadi salah satu narasumber dalam acara Konven Pelayan Khusus Wilayah Bitung I yang dilaksanakan di Gedung Gereja Sentrum, Sabtu (23/01/2016). Lomban memaparkan materi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) menjelaskan tentang adanya keterkaitan yang sangat penting antara International Hub Port dengan Kawasan Ekonomi Khusus.

Menurutnya KEK tidak boleh lepas dari perkembangan Pelabuhan itu sendiri. Artinya, percepatan pembangunan yang ada di Pelabuhan akan sangat menunjang keberadaan KEK, terkait dengan ini Pemkot Bitung telah mengusulkan kepada Pemerintah Pusat lewat Menteri Perekonomian untuk segera diterbitkannya peraturan Ekspor Impor yang dapat memperlancar Perekonomian di Sulawesi Utara.

“Karena keberadaan kota Bitung yang dekat dengan negara produksi seperti China, Jepang dan Korea serta beberapa daerah lainnya di Indonesia Timur. Pemkot Bitung berharap Pemerintah Pusat mengeluarkan suatu aturan terkait barang Import dari Negara produksi tersebut tidak lagi ke Tanjung Priuk melainkan langsung ke Bitung. Sehingga pertumbuhan ekonomi dapat terasa bukan hanya di Bitung saja tetapi daerah-daerah yang ada di Indonesia Timur terkena dampaknya,” urai Lomban.(ref)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*