Selasa, 17 Oktober 2017

HUT ke-13, Terukir Dalam Lembar Sejarah Kota Tomohon

Catatan Effendy Iskandar

Walikota TomohonSEJUMLAH torehan prestasi terukir dengan tinta emas adalah catatan menarik yang dapat kita saksikan dan lihat di Hari Ulang Tahun yang ke-13 Kota Tomohon, 27 Januari 2016. Salah sisi sejak menjadi daerah otonom baru adalah koleksi walikota yang berjumlah Sembilan orang dengan dua wakil walikota dan saat ini sementara dalam tahapan menuju pelantikan walikota dan wakil walikota terpilih untuk periode 2016-2021.Dari catatan sejarah, sejak ditetapkan melalui UU Nomor 10 tahun 2003 tentang pembentukan Kabupaten Minahasa Selatan dan Kota Tomohon lewat rapat paripurna DPR RI yang dipimpin Wakil Ketua Sutardjo Suryoguritno 27 Januari 2003 silam Selanjutnya inilah daftar Nama Walikota Tomohon ,Penjabat & Plt Walikota Tomohon periode 2003-2016 saat ini :

1.     Walikota Tomohon pertama adalah Drs Boy Simon Tangkawarouw MSc yang dilantik oleh Mendagri Hari Sabarno pada 4 Agustus 2003. Tangkawarouw dilantik di depan sidang paripurna DPRD Kabupaten Minahasa dengan status Pejabat Walikota yang bertugas hingga 8 Maret 2005.

2.     Walikota Tomohon Jeffry Korengkeng SH MSi dengan status Pelaksana Tugas Pejabat Waikota pada 8 Maret 2005 melalui SK Gubernur Sulut Drs AJ Sondakh dengan nomor 20 Tahun 2005 tertanggal 4 Maret 2005. Korengkeng sendiri bertugas hingga 16 Mei 2005.

3.     Walikota selanjutnya adalah Nico Pelealu SH MSi yang dilantik sebagai Penjabat Walikota Tomohon pada 16 Mei 2005, Pelealu bertugas hingga 4 Agustus 2005.

4.     Walikota selanjutnya Jefferson SM Rumajar SE dan Linneke S Watoelangkow diambil sumpah dan dilantik pada 4 Agustus 2005 sebagai Walikota dan Wakil Walikota definitif pertama pilihan rakyat periode 2005-2010. Rumajar dan Watoelangkow dilantik oleh pejabat Gubernur Sulut Ir Lucky Korah MSi berdasarkan SK Mendagri tanggal 13 Juli 2005 di Auditorium Bukit Inspirasi Tomohon. Keduanya bertugas hingga 4 Agustus 2010.

5.     Walikota selanjutnya Fentje D Goni SH ditunjuk sebagai Pelaksana Harian (Plh) Walikota Tomohon tertanggal 4 Agustus 2010 melalui surat penunjukkan Gubernur Sulawesi Utara dengan nomor 133/1434/Sekr-Ro.Perhumas. Goni bertugas sampai dengan 14 Agustus 2010

6.     Walikota Drs Gerson Mamuaja sebagai Penjabat Walikota Tomohon melalui SK Mendagri. Mamuaja dilantik pada 15 Agustus 2010 di Kantor Gubernur Sulawesi Utara oleh Pelaksana Harian (Plh) Gubernur Sulawesi Utara Drs Robby Mamuaja.

7.     Setelah melalui tahapan Pemilukada Walikota dan Wakil Walikota Tomohon periode 2010-2015 yang cukup panjang, pada 7 Januari 2011, Mendagri melalui Gubernur Sulawesi Utara Drs Sinyo H Sarundajang melantikan dan mengambilan sumpah Jefferson SM Rumajar SE dan Jimmy F Eman SE Ak sebagai Walikota dan Wakil Walikota Tomohon dalam rapat paripurna istimewa DPRD Kota Tomohon yang diselenggarakan di DEPDAGRI Jakarta.

8.     Walikota Jimmy F Eman SE Ak menggantikan Rumajar sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Tomohon pada 12 Januari 2011 lewat SK Mendagri yang dilantik oleh Sekretaris Provinsi Sulawesi Utara, Drs Robby Mamuaja di Kantor Walikota Tomohon. Eman bertugas sebagai Plt Walikota tanggal 12 Januari 2011 dan Setelah kurang lebih satu tahun tiga bulan menjabat Plt Walikota Tomohon, akhirnya Jimmy Feidie Eman,SE.Ak dilantik menjadi walikota definitive sisa masa jabatan 2010-2015.

Pelantikan Eman sebagai walikota definitive Kota Tomohon oleh Gubernur Sulut Sinyo H Sarundajang dilaksanakan di Kantor DPRD Kota Tomohon dalam sidang paripurna istimewa Rabu (9/5) berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 131.71-176 Tahun 2012 tentang Pengesahan Pemberhentian Wakil Walikota Tomohon Tanggal 19 Maret 2012. Kemuadian mengakhiri masa jabatan pada sampai 7 Januari 2016.

9. Selanjutnya Tanggal 7 Januari 2016 Sekretaris Daerah Kota Tomohon DR Drs Arnold Poli SH MAP di tunjuk menjadi Pelaksanan Harian Walikota Tomohon melalui SK Nomor 100/013/Sekr.Ro.Pemhumas tanggal 6 Januari 2016 yang di serahkan Sekprov Ir.Siswa R Mokodongan.

10. Walikota Selanjutnya tanggal 8 Januari 2016 Penjabat Gubernur Sulawesi Utara Dr Soni Sumarsono MDM melantik Penjabat Walikota Drs Sanny James Parengkuan MAP berdasarkan putusan Mendagri Tjahjo Kumolo nomor 131.71-22 sampai sekarang.

Kepemimpinan memegang peranan penting dalam memajukan suatu organisasi maupun pemerintahan. Seiring bergulirnya waktu, Kota Tomohon telah menapaki usia ke-13 tahun dan saat ini di pimpin oleh Penjabat Walikota Drs Sanny James Parengkuan MAP. Melalui program-program yang menyentuh kebutuhan langsung masyarakat, maka keberhasilan dapat diraih dan membawa Kota Tomohon dalam lompatan-lompatan yang besar.

Semua prestasi ini dapat diraih berkat kerja keras dan komitmen para walikota bersama jajaran pemerintah dan masyarakat. Selanjutnya di persembahakan kepada seluruh warga Kota Tomohon dan sekitarnya sebagai suatu kebanggaan dan motivasi bagi generasi penerus untuk terus membekali diri dengan disiplin ilmu dan keterampilan yang memadai, guna menghadapi persaingan dalam Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2016.

Keberhasilan lainnya yang telah mengiringi pembangunan dan kemasyarakatan di Kota ini selang Kepemimpinan beberapa Walikota seperti yang tersebut di atas, bukan saja berhasil dalam membangun infrastruktur sarana prasarana seperti jalan umum, jembatan, jalan pertanian dan bangunan kantor yang memadai, tetapi juga sarana ibadah dan peningkatan kualitas iman jemaat dan masyarakat serta memiliki andil penting dalam mengharumkan dan mempromosikan Indonesia   di dunia Internasional.

Melalui keikutsertaan dan partisipasi Kota Tomohon dalam beberapa iven internasional.

Kepedulian para walikota ini, telah juga menyentuh kebutuhan jemaat gereja dari berbagai denominasi agama yang ada termasuk Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM) dan Kersama yang terjalin akrab dengan pemeluk agama lainnya.

Pemerintah Kota Tomohon sebagai tuan rumah telah sukses menyelenggarakan SMS (Sidang Majelis Sinode) ke-77 24-28 Maret 2014 yang telah memilih Badan Pekerja Majelis Sinode (BPMS) untuk periode 2014-2017, Karya nyata pemerintah kota mendapat pengakuan dari berbagai organisasi, tokoh agama dan masyarakat, termasuk pemerintah pusat melalui Presiden dan beberapa Menteri seperti Menteri Kesehatan, Menteri Keuangan, Menteri Menteri Koperasi, Menteri Perhubungan, Menteri Lingkungan Hidup, Menteri Pendidikan dan lembaga lainnya, memuji kepemimpinan Eman dalam memajukan Kota Tomohon.

Keberhasilan ini terlihat jelas melalui suasana kota yang kondusif, pertumbuhan ekonomi dari 6,19% 2012 naik menjadi 6,38% tahun 2013, PDRB meningkat menyentuh angka 1 triliun 480 miliar 632 juta rupiah lebih, pendapatan perkapita menembus angka 15 juta 991 ribu lebih dibanding tahun lalu yang hanya 13 juta 854 ribu lebih.

Kemudian sektor pertanian melalui program pertanian organik berjalan dengan efektif menjadi salah satu solusi handal mengatasi sampah.

Sekaligus upaya untuk kembali merebut Piala Adipura. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) berdasarkan tahun terakhir mencapai 77,40,

Sementara prasarana fisik yang menunjukkan kemajuan, semakin hari makin mantap (infrastruktur jalan, jembatan, trotoar, terminal, irigasi, air bersih, pasar dan perdagangan), termasuk infrastruktur penunjang lain seperti jalan pertanian, pariwisata dan budaya, catatan sipil dan kependudukan, perpustakaan, penangulangan bencana yang melalui cepat temu, cepat tanggap dan cepat lapor, serta sistem penggajian dan nilai pemberian gaji dan kenaikan tunjangan tambahan penghasilan bagi PNS. Serta kenaikan insentif bagi perangkat kelurahan dan linmas serta tokoh-tokoh agama di tahun 2016 ini. Di tingkat Internasional Kota Tomohon menjadi salah satu Kota yang mendapat perhatian dari ribuan pasang mata manusia yang datang dari berbagai penjuru dunia atas raihan prestasi kontingen Republik Indonesia dalam ajang Tournament of Roses di Pasadena, California, Amerika Serikat, 2 Januari 2012 lalu. Dimana dalam gelaran yang ke-123 ini, Kendaraan pawai Indonesia berwujud Garuda Wisnu Kencana dengan tema Wonderful Indonesia berhasil memperoleh predikat yang paling bergengsi yakni President’s Trophy.

“Sebagai utusan dari Indonesia di ajang internasional seperti Tournament of Roses, tentunya kita harus bersyukur dan bangga dengan prestasi seperti yang diraih. Ini adalah bukti sah bahwa Indonesia bisa berprestasi di ajang internasional sekalipun. Dan contoh-contoh yang baik dari sini tentunya akan kita terapkan di gelaran Tournamen of Flower di Kota Tomohon tahun tahun yang akan datang,” ungkap Eman saat kunjungannya ke Negeri Paman Sam ini dan boleh bertatap muka dengan staf dan Konjen RI di Amerika Serikat.

Begitu juga keikutsertaan Tomohon dalam persekutuan kota-kota se-Asia Tenggara yang tergabung dalam Citynet. Serta kepercayaan Pemerintah Pusat kepada Kota Tomohon sebagai satu dari 48 delegasi yang dipercayakan untuk menghadiri International Co-operative Alliance (ICA Expo) 2012 atau Konferensi Koperasi Dunia di Kota Manchester, Inggris 31 Oktober hingga 2 November 2014.

Kota Tomohon merupakan bagian penting di Indonesia yang mendapat penghargaan dalam bentuk kesempatan dari Kementerian Koperasi RI untuk mengikuti kegiatan ini. Penghargaan pemerintah pusat ini merupakan bukti pengakuan akan keberhasilan yang telah dicapai oleh Pemerintah Kota Tomohon. Dalam bidang perkoperasian, seperti adanya dana lewat program Lembaga Pengelola Bantuan Dana Bergulir atau LPDB sebesar Rp 500 Juta bagi koperasi berprestasi Kota Tomohon,

Seperti keberhasilan membawa kota Tomohon dari Opini disclaimer naik setingkat menjadi Opini Wajar Dengan Pengecualian. Selanjutnya sukses meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian dalam pengelolaan Keuangan oleh BPK RI. Penghargaan ini menunjukkan komitmen bebas korupsi dalam pemerintahan saat ini.Selanjutnya penghargaan Kota Sehat, Penghargaan JKN, WTN serta sederet penghargaan lainnya.

“Capaian spektakuler yang telah diraih, marilah kita terus jaga, pelihara dan tingkatkan demi kelangsungan hidup seluruh masyarakat Dengan partisipasi aktif da pengalaman-pengalaman ini telah memberikan kontribusi nyata dan berhasil membawa pemerintahan dan pembangunan di Kota Tomohon semakin maju pesat menyaingi daerah-daerah lain yang ada di Sulawesi Utara,” ujar Penjabat Walikota Sanny Parengkuan.

Semoga karya pengabdian, prestasi yang terukir menjadi kebanggan bersama dan motivasi bagi kita semua untuk terus memajukan Kota Tomohon, Dirgahayu Kota Tomohon ke 13 27 Januari 2016.(efd/tim)

PENGHARGAAN YANG DITERIMA KOTA TOMOHON

1.     Manggala Karya Bakti Husada dari Menteri Kesehatan RI ( Nov 2011)

2.     Pembina Karang Taruna Terbaik (2011)

3.     Pembina Organisasi Sosial (ORSOS) Terbaik dari Gubernur Sulut (2011)

4.     Penghargaan dari Menteri Koperasi dan UKM RI sebagai Kota Penggerak Koperasi (2012)

5.     Penghargaan dari Kepala BKKBN Pusat sebagai Juara II Tingkat Nasional Lomba PIK-R

6.     Penghargaan dari Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulut sebagai Pengelola Program Kependudukan & KB Terbaik Tahun 2011 Tingkat Provinsi

7.     Penghargaan Travel Tourism Award (TTA) “Pemerintah Daerah Yang Memiliki Komitmen Tinggi Untuk Membina Pengembangan Kepariwisataan di Daerah (2012)

8.     Penghargaan USO Award & Mobil Internet (2012)

9.     Penghargaan Lingkungan Kerja Bebas Narkoba (2012)

10.     Penghargaan Piala Adipura Kategori Kota Kecil (2013)

11.     Penghargaan Satya Lencana Pembangunan di Bidang Koperasi (2013)

12.     Penghargaan Opini WDP (Wajar Dengan Pengecualian) dalam Pengelolaan Keuangan Daerah (2013)

13.     Penghargaan di Bidang Perhubungan “Wahana Tata Nugraha” Bidang Angkutan Kategori Kota Kecil (2013)

14.     Penghargaan Swasti Saba Padapa (Penghargaan Kota Sehat) (2013)

15.     Penghargaan Travel Tourism Award (2013)

16.     Penghargaan Emas Di Flower Show (2014) Di Hongkong

17.     Penghargaan Opini WTP Dalam pengelolaan Keuangan dan Asset Daerah (2014)

18.     Penghargaan Adi Bhakti (Penii Emas) Juni 2014

19.     Satya Lencana Pembangunan Juli 2014

20.     Penghargaan WTN (Wahana Tata Nugraha) September 2014

21.     Penghargaan Kementerian Keuangan September 2014

22.     Penghargaan Travel Tourism Award 2014

23.     Penghargaan Kota Sehat November 2014

24.     Penghargaan Adiwiyata Desember 2014

25.     Penghargaan WTP Juni 2015

26.     Penghargaan JKN Award September (2015)

27.     Penghargaan Kota Sehat (Swasti Saba Wiwerda) November 2015

28.     Penghargaan WTN (Wahana Tata Nugraha) Desember 2015

29.     Penghargaan Walikota Peduli HAM Desember 2015

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*