Selasa, 22 Oktober 2019

Rumah Digusur, Warga Taas Mengadu ke DPRD Manado

taas taas 3MTerkini.com, MANADO – Puluhan warga Lingkungan 5 Kelurahan Taas Kecamatan Tikala, Rabu (27/1/2016) mendatangi kantor DPRD Kota Manado menyampaikan aspirasi penggusuran 8 rumah mereka pada kemarin hari.

Demo tersebut di terima langsung oleh Ketua DPRD Kota Manado Nortje Van Bone, Roy Maramis dan Legislator lainnya. Kedatangan pendemo sekitar pukul 11.00 Wita saat kantor DPRD sepi, tiba-tiba menjadi ramai ketika mereka datang.

Dalam tuntutannya, pendemo meminta ke legislator untuk membantu warga korban penggusuran yang berakibatkan 13 KK kehilangan rumah tempat tinggal. “Kami minta wakil rakyat terhormat untuk membantu kami. Kami kehilangan rumah, kehilangan sebagian barang harta benda dan sekarang tidak tahu lagi akan tinggal dimana” Terang salah satu pendemo.

Warga juga ikut sesalkan penggusuran itu dikarenakan tidak ada pemberitahuan terlebih dahulu sehingga tidak bisa menyelamatkan semua barang-barang didalam rumah. “Torang kaget, langsung alat berat maso dan setelah dibacakan surat dari PN Manado selanjutnya langsung dieksekusi. Barang-barang lain tidak bisa kami selamatkan,” Tukas pendemo lainnya.

Ketua DPRD Kota Manado Nortje Van Bone usai aksi tersebut menegaskan pihak DPRD akan memanggil hearing instansi terkait untuk melihat detail masalah ini. “Untuk sementara saya sudah menelepon Kadis Sosial agar membantu warga ini. Apalagi mereka tinggal dirumah tetangga supaya cepat didirikan tenda dan suplai makanan supaya mereka bisa hidup seperti biasa,” ujar Srikandi Partai Demokrat ini.

Van Bone juga menambahkan terkait tanah penggusuran tersebut bersifat status Quo. “Dalam penggusuran tidak dilibatkan Camat dan Lurah, untuk sementara tanah tersebut bersifat status quo,” tutupnya.

Sementara itu pantauan manadoterkini.com dilokasi penggusuran, nampak warga untuk sementara tinggal di gudang Dinas Sosial Kota Manado yang berdekatan dengan lokasi penggusuran. Bahkan sebagian barang-barang warga dititipkan di pinggiran seputaran kantor tersebut. Sementara bangunan rumah telah rata tanah akibat digusur dengan memakai alat berat. (chris)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*