Selasa, 17 Oktober 2017

DPRD Minsel Paripurnakan Pengusulan Pengangkatan Cabup/Cawabup Minsel Terpilih

WongkarMTerkini.com, AMURANG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Minsel, Rabu (27/01/2016) kemarin menggelar Rapat Paripurna dalam rangka Pengumuman Pengusulan Pengesahan Pengangkatan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Minsel terpilih periode 2016-2021, menindaklanjuti pleno penetapan dari Komisi Pemilihan Umum.

Dimana pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) 9 Desember tahun 2015 lalu, Christiany Eugenia Paruntu dan Franky Donny Wongkar mendapatkan suara signifikan. Meski harus menunggu putusan Mahkama Konstitusi (MK) karena pasangan nomor urut 3 yakni JOS-Asli melakukan gugatan terhadap hasil pleno KPU Minsel, namun ditolak karena tidak pada substansinya.

Penjabat Gubernur Soni Sumarsono mengatakan, rapat paripurna merupakan tindaklanjut dari keputusan KPU tentang penetapan calon Gubernur dan calon Wakil Gubernur Sulawesi Utara.

“Yang menetapkan Ibu Christiany Eugenia Paruntu SE selaku Bupati terpilih dan bapak Frangky D Wongkar SH selaku Wakil Bupati Minsel terpilih periode 2016-2021. Selamat kepada Bupati dan Wakil bupati terpilih,” ujar Sumarsono.

Lanjut Dia menjelaskan hasil rapat paripurna ini akan dikirim kepada Menteri Dalam Negeri melalui Pemprov Sulut untuk kemudian diterbitkan surat keputusan pengesahan Bupati dan Wakil bupati terpilih dalam waktu paling lama 14 hari terhitung dari tanggal usul dan berkas diterima secara lengkap.

“Serta proses pelantikan dilaksanakan di ibukota Provinsi sebagaimana amanat undang-undang yang berlaku. Rapat paripurna P5 ini mutlak harus dilaksanakan sebelum berkas diserahkan ke Pemprov Sulut untuk diteruskan ke Mendagri,” jelas Sumarsono yang juga Dirjen Otda Kemendagri.

Dilketahui rapat tersebut dipimpin langsung Ketua DPRD Minsel Jenny Johana Tumbuan SE didampingi Wakil Ketua Frangky Lelengboto ST dan Rommy Pondaag SH MH serta dihadiri Penjabat Gubernur Dr Soni Sumarsono dan Penjabat Bupati Minsel serta sejumlah pejabat yang di wakilkan bupati dan walikota serta perwakilan ketua DPRD kabupaten/kota se- Sulut, diawali dengan pembacaan surat masuk dari KPUD Minsel yang dibacakan Sekretaris DPRD Lucky Tampi SH. (dav/dav)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*