Sabtu, 19 Oktober 2019

Aliansi Masyarakat Ekonomi Lemah “Goyang” DPRD Kota Manado

DemoMTerkini.com, MANADO – Kantor DPRD Kota Manado didatangi oleh masyarakat yang menamakan diri Aliansi Masyarakat Ekonomi Lemah Kota Manado. Aksi tersebut dikomandani oleh mantan Legislator Manado Hesky Naray serta Ruby Rumpesak, Kamis (28/1/2016) sekitar Pukul 13.30 Wita.

Kedatangan pendemo sempat kecewa karena sebagian besar legislator Kota Manado sedang berangkat keluar daerah. Hanya satu personel yang menerima pendemo yakni Ketua Komisi 1 Royke Anter.

Kepada Anter mereka menyuarakan permasalahan mengenai Pilkada Kota Manado. Menurut pendemo Pilkada Kota Manado kapan saja bisa dilaksanakan dan mereka mendukungnya tetapi harus ada legal standingnya.

“Kapan saja pilkada kami dukung. Pelaksanaan Pilkada dilaksanakan 3 tahap. Seharusnya ada Perpu yang mengatur pilkada Manado,” tutur Ruby Rumpesak.

Menurutnya, pergeseran anggaran yang akan dilakukan Pemerintah Kota Manado akan mereka gugat jika legal standing pilkada tidak ada. “Pemkot melakukan pergeseran anggaran kami akan lapor ke KPK” Tegas Rumpesak.

Mereka beranggapan, pilkada itu ditunda jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti bencana alam. “UU nomor 8 tahun 2015 tidak ada satu pasal eksplisit, tidak bisa diundur ke 1 tahun berikutnya. Pilkada 2016 jika tidak ada Perpu dianggap ilegal,” koar Ruby.

Selain itu pendemo juga menyentil masalah anggaran sekitar 18 miliar yang pilkadanya tidak jalan tetapi anggaran hampir habis dan meminta DPRD mempertanyakan dana tersebut apalagi menurut mereka diduga telah terjadi penyimpangan anggaran.

“Kami minta juga BPK mengaudit anggaran KPU dan nanti kami akan melaporkan masalah ini ke Kejaksaan Negeri Manado,” papar Ruby.

Sementara itu Ketua Komisi 1 DPRD Kota Manado Royke Anter saat menerima pendemo memohon maaf karena sebagian besar legislator sementara melakukan kunjungan kerja keluar daerah dan berjanji akan meneruskan aspirasi ini ke pimpinan DPRD.

“Akan segera ditindaklanjuti ke pimpinan dewan. Pasti ketika mereka sampai ke sini dari Kunjungan Kerja akan saya laporkan,” singkat Anter. (chris)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*