Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Bitung

Pemerintah Kota Bitung Gelar Upacara Adat Tulude

×

Pemerintah Kota Bitung Gelar Upacara Adat Tulude

Sebarkan artikel ini

PAGELARAN upacara adat Tulude tahun 2016 yang digelar Pemerintah Kota Bitung yang bertempat di Kelurahan Mawali, Kecamatan Lembeh Utara, Kamis (28/01/2016) sukses digelar.

Tulude Bitung

Upacara adat Tulude dihadiri Gubernur Sulawesi Utara DR Sony Sumarsono MDM bersama Ketua TP-PKK Provinsi Sulut Tri Rachayu Sumarsono, Wakil Walikota Bitung Maxmilian J Lomban bersama Wakil Ketua TP-PKK kota Bitung Ny. Khouni Lomban Rawung.

Tulude Bitung

Kegiatan Tulude merupakan event kalender kegiatan Pemerintah Kota Bitung bersama Ikatan Kerukunan Sanger Sitaro dan Talaud (IKSSAT) Kota Bitung, dimana Kegiatan ini diisi dengan doa syukur serta pagelaran adat berupa pemotongan kue Tamo, musik dan tarian oleh etnis kelompok seni budaya masyarakat Nusa.

Tulude Tulude Bitung

Dalam Kesempatan ini, Sumarsono dalam sambutannya mengapresiasi momentum pelaksanaan Tulude di Kota Bitung yang memiliki makna religi, yang di dalamnya berisih tradisi budaya untuk mempersatukan seluruh etnis masyarakat Kota Bitung khususnya dan Sulawesi Utara pada umumnya.

Tulude Bitung Tulude Bitung

“Hal ini terlihat dari wahana kebersamaan dan persaudaraan dalam satu komunitas yang utuh, yang mengisyaratkan bahwa kita semua ini merupakan satu kesatuan masyarakat yang cinta persatuan, “ujarnya.

Tulude Bitung Tulude Bitung

“Diharapkan pula masyarakat Kota Bitung tetap bersatu padu menjaga dan memelihara kerukunan hidup dengan meningkatkan rasa persaudaraan, sambil bergandengan tangan membangun daerah ini demi kesejahteraan bersama,” tutup Sumarsono.

Tulude Bitung

Sementara itu Lomban mengapresiasi kedatangan Penjabat Gubernur yang boleh berkesempatan hadir dalam acara adat Tulude, sembari menjelaskan bahwa Gelar Tulude adalah kegiatan upacara pengucapan syukur yang berbentuk ibadah penghujung akhir tahun dan digelar setiap akhir bulan Januari yang memiliki arti menolak, mendorong atau melepaskan tahun yang lama.

Tulude Bitung

“Upacara adat Tulude merupakan hajatan atau tradisi tahunan warisan leluhur masyarakat etnis Nusa Utara yang tak bisa dihilangkan dan dilupakan oleh generasi manapun dari khasana adat, tradisi dan budaya masyarakat Sangihe Talaud dan Sitaro.” tutur Lomban.

Tulude

Hadir juga dalam upacara adat Tulude Wakil Walikota terpilih periode 2016-2021 Ir Maurits Mantiri, pejabat Pemerintah provinsi dan Pejabat Pemerintah kota Bitung serta tokoh agama dan masyarakat, pengusaha, budayawan, seniman dan masyarakat Kota Bitung.(ref)