Selasa, 12 November 2019

Dikda Tomohon : Kejujuran Siswa Perlu Diperhatikan

MTerkini.com, TOMOHON – Untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang dapat bermanfaat dilingkungan sekitar dalam menghadapi tantangan masyarakat kedepan dan agar dapat menjadi pemimpin yang amanah beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah Kejujuran.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Daerah Kota Tomohon Drs Geraldus Mogi saat pentahbisan dan pemberkatan ucapan syukur bangunan baru SMP 1 Tomohon Sekolah Adhiwiyata yang dilaksanakan pad Sabtu (30/1) pekan lalu.

Dikatakan Mogi, diukur oleh penilaian kementrian bahwa kelulusan bukan lagi ditentukan oleh nilai ujian namun lebih ditekankan pada indeks integritas, dua hal yang mengacuh pada nilai integritas seperti Kecurangan individual oleh siswa dan kecurangan terstruktur atau klasikal.

“Untuk mencapai ini dari pola yang ada maka diharapkan yang perlu diperhatikan indeks integritas ujian sekolah karena semakin tinggi indeks integritasnya semakin jujur sekolah dalam melaksanakan ujian tersebut,” ujarnya.

Lanjut Dia, dari Penilaian yang diukur oleh kementrian ini untuk sekolah yang ada di Tomohon dari 21 Sekolah Menengah Atas (SMA) tercatat 11 diantaranya mencapai nilai 75,43 sementara 10 sekolah dibawah nilai 70.

“Harapan kedepan lebih ditingkatkan dengan memperhatikan Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Intelektual dan kecerdasan sosial,” katanya.

Jika ini dapat dikembangkan, lanjut Mogi mengatakan bahwa, secara optimal tentunya kedepan bisa menjadi siswa yang berkualitas, amanah dan bertanggung jawab.(efd/dav)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*