Rabu, 13 November 2019

Antisipasi Melonjaknya Kasus DBD, Dinkes Manado Lakukan Fogging

MTerkini.com, MANADO – Musim penghujan tiba, warga Kota Manado di minta mewaspadai Demam Berdarah Dengue (DBD) yang ditularkan oleh nyamuk aedes aegpty. Adapun cara mengantisipasi merebaknya DBD diharapkan warga menjaga kebersihan rumah tempat tinggal dan lingkungan sekitar. Hal tersebut di tegaskan Kepala Dinas Kesehatan Kota Manado dr. Robby Mottoh diruang kerjanya, senin (1/2/2016) sekitar pukul 10.00 Wita. “Kami berharap masyarakat menggiatkan 3 M atau 3 M plus,” ujar Mottoh.

Selain melakukan kebersihan rutin dirumah, Dinas Kesehatan Manado melakukan fogging didaerah-daerah yang diduga mengalami endemik DBD. “Minggu lalu kami melakukan fogging di beberapa titik daerah pekuburan yang diduga terjangkit endemik nyamuk aedes agypti dan ketempat lainnya,” tutur Mottoh.

Sementara itu menurut Mottoh, dari data Dinas Kesehatan Kota Manado untuk januari 2016, kasus DBD menurun jauh jika dibandingkan januari tahun 2015 lalu. “Menurun jauh, untuk januari 2016 ini hanya 56 kasus, sedangkan januari 2015 lalu 163 kasus” Bebernya.

Diakuinya, DBD di Kota Manado merupakan siklus 5 tahunan sekali. Menurutnya data 2010 lalu meningkat, begitu juga 2015 lalu meningkat. “Mudah-mudahan di tahun ini DBD di Kota Manado akan semakin menurun dan saya berharap warga terus menjaga kebersihan,” harap Mottoh singkat. (chris)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*