Jum'at, 22 November 2019

Giatkan 3 M, Dinas Kesehatan Manado Harap Warga Waspadai Virus Zika

mottoMTerkini.com, MANADO – Pemerintah Kota Manado terus mewaspadai adanya penyebaran virus zika. Pasalnya virus yang di bawa oleh nyamuk Aedes Aegypti itu telah menjadi permasalahan serius yang tengah dihadapi oleh sejumlah negara di Eropa dan Timur Tengah.

Tak ingin virus tersebut menyebar di Manado, Dinas Kesehatan terus berupaya memberantas populasi nyamuk yang juga menjadi penyebab penyakit demam berdarah itu.

“Virus Zika kan dari Aedes Aegypti, seperti halnya demam berdarah. Sehingga sebagai antisipasinya pun sama dengan mengendalikan populasi dan penyebaran vektornya,” tutur Kepala Dinas Kesehatan Kota Manado dr. Robby Mottoh diruang kerjanya, senin (1/2/2016) Pukul 10.00 Wita.

Ia mengatakan masyarakat tidak perlu panik akan virus Zika. Langkah sederhana yang dapat dilakukan masyarakat untuk mengantisipasi munculnya virus tersebut sama dengan pencegahan pada penyakit demam berdarah. Di antaranya yakni masyarakat diharapkan senantiasa menjaga lingkungannya. “Harus perkuat 3 M maupun 3 M Plus” Ujarnya.

Dengan melakukan kegiatan tersebut selain mengubur barang bekas dan tidak membiarkan adanya genangan air yang akan menjadi sarang berkembang biaknya larva nyamuk. Serta rutin menguras air di kamar mandi minimal seminggu sekali.

“Memang untuk Kota Manado belum ditemukan kasus akibat Virus Zika ini, tapi antisipasi harus tetap dilakukan. Sehingga kami akan terus melakukan edukasi kepada masyarakat dan menyampaikan kepada Dinas Kesehatan Provinsi Sulut untuk perketat di Bandara Sam Ratulangi,” tuturnya.

Sementara itu menurut Mottoh, dari data Dinas Kesehatan Kota Manado untuk januari 2016, kasus DBD menurun jauh jika dibandingkan januari tahun 2015 lalu. “Menurun jauh, untuk januari 2016 ini hanya 56 kasus, sedangkan januari 2015 lalu 163 kasus” Bebernya.

Diakuinya, DBD di Kota Manado merupakan siklus 5 tahunan sekali. Menurutnya data 2010 lalu meningkat, begitu juga 2015 lalu sama meningkat. “Mudah-mudahan di tahun ini DBD di Kota Manado akan semakin menurun dan saya berharap warga terus menjaga kebersihan” Harap Mottoh singkat. (chris)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*