Jum'at, 22 November 2019

Dinas Kehutanan Minsel Terus Galakkan Penanaman Pohon

MTerkini.com, AMURANG – Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) melalui Dinas Kehutanan serta masyarakat terus menggalakkan penanaman pohon melalui Sulut menanam, dan gerakan mapalus Minsel menanam pohon.

Dimana, penanaman ini sebelumnya sudah digalakkan oleh Christiany Eugenia Paruntu waktu menjabat bupati waktu lalu, tapi juga sebagai Bupati terpilih.

Kepala Dinas Kehutanan Ir Frans Tilaar SP MSi mengatakan, ini merupakan wujud penghargaan presiden kepada pemerintah dan masyarakat Minsel, sebagai juara pertama gerakan menanam 1 milyar pohon tingkat nasional beberapa waktu lalu.

Dalam pelaksanaannya, kata Tilaar, akan dibuat sistem lomba. Desa mana yang terbanyak menanam bibit akan diberikan hadiah. Adapun sumber bibit akan disediakan pemerintah maupun swadaya.

“Ada tim yang akan turun ke desa-desa melihat penanaman tersebut. Pemkab juga menyiapkan bibit-bibit pohon kayu. Seperti bibit cempaka, ngantu, mahoni, gamelina, jati putih, gaharu dan bibit lainnya, yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi tempat,” ujarnya.

Adapun tujuan utama dari menanam ini, tambah Tilaar, yakni menjaga kelestarian lingkungan serta menunjang kesejahteraan rakyat.

“Karenanya kami mengimbau kepada masyarakat, mengingat sekarang musim hujan tentu sangat baik dimanfaatkan untuk menanam,” tutupnya.(dav)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*