Kamis, 21 November 2019

Hosang Minta Masyarakat Minsel Berperan Soal Kebersihan Lingkungan

MTerkini.com, AMURANG – Penjabat Bupati Ir Peter Rene Hosang MSi, menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) pengelolaan sampah melalui program Adipura, yang dilaksanakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia di Hotel Grand Sahid Jakarta.

Hosang usai mengikuti kegiatan tersebut mengatakan pada tahun 2016, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minsel akan melaksanakan berbagai program dan kegiatan yang berkaitan dengan pengelolaan sampah di Kabupaten Minsel, termasuk peningkatan fasilitas pengelolaan sampah pada Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Mobongo Kelurahan Kawangkoan Bawah Kecamatan Amurang Barat.

“Saya juga meminta agar masyarakat Minsel dapat lebih berperan aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan, demi terwujudnya Kabupaten Minsel sebagai daerah yang bersih dan sehat,” ujar Hosang.

Kegiatan tersebut, dibuka langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Siti Nurbaya Bakar, dan dihadiri oleh Walikota dan Bupati se – Indonesia.

Sementara itu Kepala Kantor Pengelola Kebersihan dan Pertamanan (KPKP) Minsel Meyti Adi Tumbuan mengatakan, terdapat beberapa poin penting yang disampaikan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Nurbaya Bakar. Diantaranya, pemberian penghargaan Adipura dalam perspektif sekarang adalah instrumen yang bisa membangun kepercayaan rakyat dan stabilitas pemerintah. Daerah bisa meraih adipura apabila memiliki platform yang dan strategi jelas.

“Strategi, bukan hanya parameter dalam penilaian adipura, namun harus bisa membangun kebersamaan dan kepercayaan masyarakat bersama,” katanya.

Lanjut Dia, Persoalan sampah bukan hal yang mudah. Di pusat, saat ini juga masih mengodok beberapa dokumen-dokumen teknis dan strategis dalam hal kebersihan, persampahan, dan Adipura. Rakornas sendiri diharapkan Menteri, dapat menjadi ajang bagi daerah untuk memberikan masukan-masukan dalam mengevaluasi pelaksanaan penilaian piala Adipura.(dav)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*