Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
BitungEkonomi dan Bisnis

Lomban Hadiri Rakor Pemantapan IHP Bitung

×

Lomban Hadiri Rakor Pemantapan IHP Bitung

Sebarkan artikel ini

lombanMTerkini.com, BITUNG – Wakil Walikota Bitung M.J Lomban SE MSI menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) yang dilaksanakan di Ruang Rapat Kementerian koordinator perekonomian (Kemenko) Maritim dan Sumber Daya Jakarta, Selasa (02/02/2016) kemarin.

Dalam Rakor tersebut membicarakan tentang upaya percepatan implementasi International Hub Port (IHP) Bitung, melalui keterlibatan berbagai sektor, baik kementrian lembaga, pemerintah daerah juga pihak swasta serta investor.

Disamping itu, Pemerintah melalui BKPM terus mengupayakan pelayanan perizinan terpadu satu pintu serta berbagai kemudahan didalamnya Insentif fiskal terlebih untuk lokasi yang masuk dalam Kawasan Strategis Nasional, Pihak Swasta antara lain Consociate Jakarta Corporation yang bekerjasama dengan CRCC (China Railway Construction Corporation) siap berinvestasi
sebesar 10 sampai 15 Triliun Rupiah.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara melalui Sekretaris Daerah Ir. Rachmat Mokodongan dan Pemerintah Kota Bitung melalui Wakil Walikota Max J. Lomban SE, M.Si menunjang sepenuhnya percepatan implementasi tersebut.

Menurut Lomban, lewat Rapat Koordinasi ini pastinya Pemerintah bertekad dan akan segera menindaklanjuti dengan melakukan percepatan termasuk mempercepat dikeluarkannya regulasi-regulasi yang mendukung implementasi Pelabuhan Bitung sebagai IHP tersebut diatas.

“Bitung memiliki letak geografis yang strategis bila dibuka sebagai pintu baru Indonesia, karena dapat meningkatkan daya saing ekonomi, serta mendorong pasar ekspor ke negara-negara Asia Pasifik,“kunci Lomban.(ref)