Rabu, 13 November 2019

Hari Ini Sitaro Gelar Upacara Adat Tulude

MTerkini.com, SITARO – Hari ini Pemerintah Daerah Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) akan menggelar upacara adat tulede, Rabu (3/2/2016).

Acara adat dengan tema “Gelorakan Baktimu” atau dalam bahasa daerah Toghase Ko Munara Gunangu Kawanua akan dimulai jam lima sore dan dipusatkan di lapangan Akesimbeka, Kecamatan Siau Timur.

Kepala Kantor Kementerian Agama Sitaro (Kemenag Sitaro), Simon Servius Rawis, S.PAK yang akan turut serta pada gelar adat tersebut mengatakan tulude pada hakekatnya adalah upacara pengucapan syukur kepada Tuhan yang Mahakuasa.

Tulude itu sendiri adalah melepaskan, meluncurkan, menolak atau mendorong atau dalam hal ini melepaskan tahun yang lama dan siap menerima tahun yang baru.

“Oleh karena itu, hendaknya warisan leluhur masyarakat etnis Nusa Utara ini tak bisa dilupakan siapapun kita, tua maupun generasi muda agar terus melestarikan tradisi dan budaya ini,” ucap Rawis.

Ditemui di ruang kerjanya, Rawis mengatakan hadir pada acara tersebut akan ditemani oleh Ketua Dharma Wanita Kemenag Sitaro, Carla Salendu, SE.

“Nantinya busana atau pakaian yang digunakan adalah pakaian adat Sitaro,” tambahnya.(ons)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*