Rabu, 13 November 2019

Pantau Pelayanan Kesehatan, Rindengan Sidak Sejumlah Puskesmas di Minsela

MTerkini.com, AMURANG – Untuk memantau pelayanan kesehatan kepada masyarakat terutama di daerah, Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Minahasa Selatan (Minsel) Drs Danny Rindengan MSi melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Puskesmas yang ada di Minahasa Selatan Atas (Minsela) yakni Puskesmas Maesaan, Tompasobaru, Ranoyapo, Motoling raya, dan Puskesmas Kumelembuai Kamis (4/2/2017).

sekda minselDalam kesempatan tersebut Rindengan meminta kepada seluruh leading sector di bidang kesehatan di tiap Puskesmas yang Dia kunjungi untuk lebih meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat.

Sebagai leading sektor di bidang kesehatan, seluruh pihak terkait juga harus mampu mensosialisasikan seluruh program pelayanan kesehatan dengan baik kepada masyarakat. Seperti jaminan kesehatan daerah (Jamkesda) serta BPJS.

“Tidak terkecuali, gerakan-gerakan kesehatan seperti posyandu juga harus terus digalakkan dengan baik,” ujarnya.

sekda minselDalam kesempatan itu, Rindengan juga mengecek sejumlah fasilitas yang ada di setiap Puskesmas yang ada. Seperti kondisi dari tempat tidur yang diketahui catnya mulai mengelupas hingga kondisi almari dan gorden di tiap ruang kamarnya.

“Dari pengecekan yang dilakukan tadi memang perlu ada peningkatan-peningkatan ke depannya,” imbuhnya.

Sekda MinselKendati demikian, dalam sidak tersebut Rindengan tidak mendapati adanya keluhan yang dilontarkan oleh pasien yang berobat. Sejumlah pasien yang ditemui di tiap puskesmas itu memberikan kesan yang positif kepada Sekdakab Minsel.

“Tadi memang tidak ada keluhan dari masyarakat, itu artinya mereka sudah merasa puas dengan pelayanan kesehatan yang diberikan. Meski begitu, ke depan harus tetap ditingkatkan,” tambahnya.

Di samping itu, peningkatan sarana pra sarana di bidang kesehatan juga tidak kalah penting. Dengan sarana pra sarana yang baik, tentu akan dapat mendorong pasien untuk merasa nyaman dan lekas sembuh.

“Meskipun dokter dan perawatnya pintar, tetapi kalau rumah sakitnya tidak meyakinkan, pasiennya bisa bertambah sakit. Tetapi kalau sarana pra sarana baik akan menjadi semangat bagi pasien untuk mempercepat proses penyembuhannya,” pungkasnya.(dav)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*