Rabu, 20 November 2019

Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati, KPUD Minsel Tunggu Jadwal Mendagri

MTerkini.com, AMURANG – Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Selatan (Minsel) yakni Christiany Eugenia Paruntu SE dan Frangky D Wongkar SH (PAKAR) yang diusung PDI-P tinggal menunggu jadwal pelantikan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Menurut Ketua KPUD Minsel DR Fanley Pangemanan S. Sos MSi mengatakan, pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih bukan kewenangan KPUD. Pelantikan merupakan kewenangan penuh dari Kemendagri.

Setelah menetapkan pemenang pilkada, KPUD hanya berkewajiban menyerahkan berita acara penetapan pemenang pilkada kepada DPRD Minsel. Surat keputusan (SK) hasil rekapitulasi perolehan suara di tingkat kabupaten juga diserahkan secara bersamaan. “Ada beberapa dokumen lainnya yang juga diserahkan ke DPRD pada waktu lalu,” katanya.

Pengemanan juga mengatakan, atas dasar surat tersebut, DPRD bisa menggelar rapat pleno luar biasa. Kemudian DPRD Minsel menyerahkan ke Gubernur Sulut untuk ditindaklanjut ke kementerian terkait proses yang akan dilaksanakan selanjutnya. Setelah itu, Kemendagri baru bisa mengagendakan pelantikan bupati yang dipilih secara langsung tersebut.

Lanjut Dia, tugas KPUD pada Pilkada 2015 hanya sampai pada penyerahan surat ke DPRD Minsel. Selanjutnya, wewenang pemerintah pusat. “Kalau persoalan pelantikan pasangan calon terpilih, bukan kewenangan KPUD. Pelantikan merupakan kewenangan Menteri Dalam Negeri. Sebab, di PKPU tidak diatur mengenai hal tersebut,” terangnya.

Ditanya terkait waktu pelaksanaan pelantikan, Pangemanan mengatakan, hingga kini pihaknya belum tahu jadwal pelantikan. Sebab, untuk pelantikan tidak diatur dalam tahapan pilkada. Bahkan, KPUD juga belum menerima bocoran apa pun mengenai jadwal pelantikan.

“Hanya saja pada HUT ke-13 Minsel, dalam sambutan Penjabat Gubernur Sulut yang juga merupakan Dirjen Otda Kemendagri DR Soni Sumarsono MDM mengatakan kalau pelantikan bupati Minsel terpilih akan dilakukan pada bulan Maret, meskipun begitu kita belum bisa pastikan, karena masih menunggu keputusan dari Kemendari,” tandasnya.(dav)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*