Senin, 18 November 2019

Ferry Liando: Warga Jangan Terprovokasi Klaim Kemenangan Calon, Tunggu Hasil Resmi KPU Manado

MTerkini.com, MANADO – Publik Manado terkotak-kotak dengan klaim mengklaim dari 3 pasangan calon. Semuanya versi masing-masing menyatakan menang berdasarkan hitung cepat media centre tim pemenangan masing-masing.

Menurut pengamat pemerintahan dan Politik Dr. Ferry Liando, warga Manado jangan di provokasi dengan klaim kemenangan masing-masing pasangan calon. “Silahkan semua pasangan calon mempublikasikan data perolehan suara masing-masing. Tapi jangan sampai informasi itu menentukan opini publik,” ujar Liando.

Ia mengatakan Semua calon pasti mengklaim untuk menang berdasarkan versi masing-masing. Namun versi yang sah adalah menunggu hasil rekapitulasi resmi dari KPU Manado 14 hari pasca pencoblosan. “Jika semua calon sudah mengklaim menang tapi akhirnya klaim tersebut berbeda dengan pengumuman resmi dari KPU maka ini bisa memicu konflik,” tutur Dosen FISIP Unsrat ini.

Menurutnya, Solusi terbaik adalah silahkan semua calon mengumpulkan data perolehan suara tapi jangan begitu lancang mempublikasikan ke publik. Apalagi semua calon punya data yang berbeda-beda terkait perolehan suara masing-masing. Semua telah mengklaim telah mendapatkan kemenagan. Publik Manado harus dikawal agar tetap menunggu pengumuman resmi dari KPU. “Tim pemenangan pasangan calon harusnya tidak memprovokasi warga dengan klaim kemenagan masing-masing,” kunci Liando. (chris)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*