Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Bitung

Lomban Hadiri Peresmian KN Gajah Laut – 4804

×

Lomban Hadiri Peresmian KN Gajah Laut – 4804

Sebarkan artikel ini
bitung
Gubernur resmikan KN Gaja Laut.(ist)

peresmianMTerkini.com, BITUNG – Wakil Walikota Bitung, MJ Lomban, Kamis (18/2/2016) menghadiri launching KN Gaja Laut-0804 yang diresmikan Gubernur Sulut Olly Dondokambey didampingi Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw serta Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw, unsur Forkopimda Sulut serta unsur Pelabuhan Samudera Bitung.

Kapal yang memiliki panjang 48 meter dengan lebar 7,8 meter dan tinggi 4 meter dibawah permukaan laut, rencananya akan beroperasi di Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) 2 yakni melintasi laut Sulawesi, selat Makassar, Selat Lombok, dan Laut Flores untuk mengamankan daerah kepulauan khususnya yang berbatasan dengan negara asing.

Gubernur Olly Dondokambey dalam sambutannya mengapresiasi kehadiran KN Gajah Laut – 4804 dari Badan Keamanan Laut Republik Indonesia ini. “Dengan hadirnya kapal ini mampu meminimalisir segala macam bentuk praktek kejahatan di laut Indonesia khususnya di Sulawesi Utara,” katanya.

Selain itu, untuk mengamankan daerah perbatasan mengingat beberapa daerah di Sulut kepulauan bagian utara yakni Sangihe dan Talaud memiliki jarak yang dekat dengan Davao Negara Filipina.

Sementara itu Wakil Walikota MJ Lomban mengatakan bergabungnya KN Gajah Laut – 4804 di jajaran Kapal Negara BAKAMLA lainnya diharapkan mampu memberi rasa nyaman bagi penduduk yang ada di daerah perbatasan khususnya bagi mereka yang berprofesi sebagai nelayan sehingga mereka mampu mendapat penjelasan terkait dengan batas -batas wilayah kedaulatan dan dipastikan tidak melakukan aktivitas di wilayah kedaulatan perairan negara tetangga.

“Pemerintah Kota Bitung sangat terbantu dengan kehadiran KN Gajah Laut – 4804 ini yang nantinya akan sangat membantu pemerintah dalam menekan berbagai praktek ilegal fishing maupun ilegal loging di Kota Bitung,” tutup Lomban.(ref)