Jum'at, 22 November 2019

Wongkar Hadiri Rakor LKPD Tahun 2015 Bersama BPK RI Perwakilan Sulut

minselMTerkini.com, AMURANG – Wakil Bupati Frangky Donny Wongkar SH, didampingi Sekdakab Minsel Drs Danny Rindengan MSi dan Kepala Inspektorat Adrie Keintjem SH, Senin (22/2/2016) mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) LKPD Tahun 2015 bersama Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) yang dilaksanakan di Aula CJ Rantung Kantor Sulawesi Utara (Sulut).

Rakor tersebut diadakan sehubungan dengan penguatan komitmen dalam implementasi akuntansi berbasis akrual oleh pemerintah daerah.

Menurut Wongkar, pentingnya penerapan sistem akuntansi berbasis akrual untuk memberikan gambaran yang utuh atas posisi keuangan pemerintah daerah sekaligus menyajikan informasi yang jelas mengenai hak dan kewajiban pemerintah daerah.

“Nantinya kita juga bisa mengendalikan defisit anggaran dan akumulasi biaya pemerintah yang lebih baik serta bermanfaat untuk evaluasi kinerja pemerintah dalam hal efisiensi dan efektivitas perolehan penggunaan sumber daya ekonomi,” ujar Wongkar.

Melalui rakor itu, wakil bupati menyebut pihak BPK-RI mengingatkan kembali soal langkah-langkah kesiapan daerah dalam penerapan akuntansi berbasis akrual seperti misalnya penetapan peraturan kepala daerah tentang kebijakan tersebut.

“Peningkatan kapasitas SDM dalam jumlah memadai juga diperlukan sebagai langkah awal penerapan sistem akuntansi berbasis akrual,” tukasnya.

Kegiatan yang ini dibuka langsung oleh Gubernur Sulut Olly Dodonkambey SE dan Kepala BPK RI DR H Harry Ashar Azis MM ini dihadiri oleh Wakil Gubernur Sulut Drs Steven Kandouw, Bupati/Walikota, Wakil Bupati/Kota, Ketua DPRD, Sekdakab/Kota, Kepala Inspektorat, Kepala Dinas Keuangan dan instansi terkait lainnya.(dav)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*