Sabtu, 16 November 2019

Dilounching Maret, Pemkot Tomohon Siap Diterapkan KIA

MTerkini.com, TOMOHON – Untuk menunjang program pemerintah pusat, serta menjabarkan keputusan Kementerian dalam Negeri (permendagri) Nomor 2 Tahun 2016 tentang Kartu Identitas Anak (KIA), maka Awal Maret 2016 Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon nanti siap menerapkan serta melouncing KIA. Dimana anak-anak dan Balita diwajibkan memiliki kartu identitas sebagai salah satu pemenuhan administrasi kependudukan.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Discapilduk) Tomohon Wendy Karwur kepada manadoterkini.com Senin, (22/2/2016), lounching KIA akan dilaksanakan Pemkot Tomohon bersamaan dengan Kota Mataram NTT. “Hal ini akan dilaksanakan di Kota Mataram, mengingat Kota Tomohon sebagai kota percontohan dalam hal persentasi kartu identitas kependudukan di tahun 2015. Selain itu kehadiran Pemkot Tomohon di Mataram untuk menerima penghargaan dari pemerintah pusat dengan Tingkat kesadaran masyarakat dalam hal pengurusan administrasi kependudukan,” ujarnya.

Karwur juga mengatakan, pentingnya kepengurusan administrasi penduduk terkhusus bagi Balita dan anak – Anak lewat program pendataan KIA. Dimana Ada dua jenis Kartu identitas anak yang akan dilaounching nanti yakni KIA untuk anak di usia 0-5 tahun dan 5 – 7 tahun.

“Lewat pendataan dan perlindungan data kependudukan ini merupakan pemenuhan hak konstitusional sebagai warga penduduk Indonesia yang bebas tanpa pungutan karena sudah dianggarakan lewat dana APBN,” jelasnya.

Dari 50 Kabupaten/Kota yang ada di Indonesia, Kota Tomohon merupakan bagian dari kota percotohan pemerintah pusat, dengan motto Kerja Keras dan kerja tuntas pemerintah kota terus bersinergi melaksanakan dan melanjutkan program pemerintah pusat. (efd/dav)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*