Kamis, 21 November 2019

Investasi Pembebasan Lahan Di Tomohon Berbandrol Rp 8 Triliun Hanya ‘Sorga Talinga’?

Ronny LumowaMTerkini.com, TOMOHON – Kota Tomohon kembali kedatangan investor agribisnis holtikultura yang siap menanamkan investasi sebesar 8 triliuun rupiah dalam bentuk pembuatan pabrik pengalengan sayur di Kelurahan Kumelembuai, Kecamatan Tomohon Timur.

Namun investasi tersebut dianggap hanya sekedar ‘ sorga telinga’ alias menyenangkan hati warga sesaat. Anehnya Pemkot Tomohon sendiri belum mendapatkan informasi pembangunan pabrik pengalengan sayur tersebut dilaksanakan.

Menyikapi hal ini Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemkot Tomohon, Ronni Lumowa Ssos, MSi mengatakan sampai saat ini pihak investor belum melakukan pembebasan lahan untuk pembangunan pabrik, padahal sesuai janji dari pihak investor pembebasan lahan akan segera dilakukan paling lambat akhir Februari bulan ini.

“Lahan sudah disediakan oleh pemerintah Kelurahan, namun sampai saat ini belum ada tanda-tanda akan dibebaskan. Jika memang jadi, maka Pemkot Tomohon akan memberikan kemudahan dalam pengurusan ijin,”tegas Lumowa.

Ditambahkannya sampai saat ini juga belum ada koordinasi lanjutan dari pihak PT Arung Keke Berjaya untuk pembangunan pabrik di wilayah Kumelembuai.
Sebelumnya PT Arung Keke Berjaya yang dimotori putra kawanua Hengky Dotulong telah mengadakan pertemuan dengan Pemkot Tomohon bersama para petani Kumelembuai dalam bentuk sosialisasi.

Dipilihnya daerah tersebut karena Kelurahan Kumelembuai memiliki potensi dan keunggulan akan hasil perkebunan sayur. “Pada bulan ini kami akan segera melakukan pembebasan lahan dan langsung dengan peletakan batu pertama pembangunan pabrik ini,” katanya. (efd/vic)

Tags: , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*