Minggu, 17 November 2019

Tinungki: Bila Daerah Ingin Dikenal Luas Utamakan Adat Istiadat dan Budaya

MTerkini.com, TAHUNA – Sampai saat ini berbicara adat istiadat dan budaya di suatu daerah terkadang banyak warga kurang berminat membahas hal tersebut. Padahal bertitik tolak dari adat istiadat dan budaya maka suatu daerah akan semakin dikenal luas.

Akan hal itu pemerhati budaya Nusa Utara, Ronald Tinungki angkat bicara. Menurutnya seharusnya Pemkab lebih peduli lagi, agar lebih maju dan berkembang. “Bila Daerah ingin dikenal luas utamakan adat istiadat dan budaya,”tegas Tinungki, Rabu (24/2/2016).

Lanjutnya, Tinungki meminta agar objek-objek wisata unggulan segera dibenahi dan ditata sedemikian rupa agar mampu menyedot para investor. “Saat ini objek wisata dibiarkan terbengkalai, setahu kami kan ada dana pemeliharaan itu, kenapa tidak dimanfaatkan saja. Untuk itu kami minta tolong diperhatikan karena ini menyangkut nasib daerah kedepan. Kami jelas kecewa makanya sebelum itu terealisasi maka kami tetap akan menanyakan kemana dana itu. Jadi terkait dengan persoalan klasik ini kami akan minta pihak aparat hukum menelusuri adanya dugaan penyimpangan didalamnya, cepat atau lambat kami akan awasi ketat itu, “pungkas Tinungki berang. (vic)

Tags: , ,
Subscribe to Comments RSS Feed in this post

One Response

  1. Lebih ideal ketika adat istiadat dan kebudayaan lokal dipadukan dengan mental global masyarakatnya. Artinya meskipun mengutamakan adat lokal namun masyarakatnya harus siap dan terbuka menerima masukankebudayaan asing yang mungkin turut masuk bersama datangnya wisatawan dari luar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*