Rabu, 13 November 2019

Kunjungi Bitung, Ini kata Menko Perekonomian Darmin Nasution

PalandungMTerkni.com, BITUNG – Kota Bitung merupakan satu dari dua pelabuhan simpul laut internasional (International Hub Seaport, IHP) berdasarkan Peraturan Presiden nomor 26 tahun 2012 tentang Cetak Biru Kebijakan Pengembangan Sistem Logistik Nasional (Sislognas).

“Pemerintah ingin mempercepat realisasi Kota Bitung sebagai simpul kegiatan ekspor produk di wilayah Indonesia Timur,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution saat melakukan kunjungan kerja ke Pelabuhan Bitung, Kamis (25/02/2016).

Dalam kesempatan ini, Darmin menegaskan pentingnya mendorong Bitung sebagai pintu keluar-masuk ekspor maupun impor karena letak Bitung yang berada di jalur lalu lintas perniagaan perairan Samudera Pasifik.

Bitung

Sementara pelabuhan simpul lainnya, berada di Kuala Tanjung, Sumatera Utara sebagai pintu keluar-masuk untuk perairan Samudera Atlantik.

“Sebagai negara kepulauan kita punya fleksibilitas sangat tinggi untuk menentukan di mana pintu masuk dan keluar kita terhadap negara-negara lain,” imbuh Darmin.

Dari pintu-pintu masuk itulah, dilakukan transshipment, atau mengirim barang-barang tersebut ke wilayah-wilayah lain di Indonesia.

Wilayah cakupan geoekonomi Bitung, nantinya akan meliputi seluruh Sulawesi, Maluku, Papua Barat, Papua, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, serta menjadi pelabuhan singgah bagi pelaksanaan kerjasama sub-regional ASEAN (Indonesia, Filipina, Brunei Darusallam dan Malaysia).

“Saat ini, aktivitas ekspor masih lebih banyak dilakukan melalui pelabuhan di Jakarta dan Surabaya karena masih ada beberapa kendala yang perlu diselesaikan di Bitun,” tandas Darmin.(ref)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*