Minggu, 17 November 2019

Petani Kelapa dan Cengkih di Minsel Bakal Terima Bantuan Peremajaan dan Rehabilitasi

MTerkini.com, AMURANG – Pemerintah pusat dikabarkan segera mengucurkan bantuan bagi para petani di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), yang lahan perkebunannya mengalami kebakaran maupun kekeringan imbas musim panas berkepanjangan tahun lalu.

“Sebanyak 700 hektar lahan perkebunan kelapa dan cengkih, sedianya akan menerima bantuan program peremajaan maupun rehabilitas,” ujar Kepala Dinas Perkebunan Minsel Imanuel Tapang kepada manadoterkini.com Senin (29/2/2016).

Menurut Tapang bahwa, di tahun 2016 ada bantuan dari pusat untuk membantu para petani yang terkena musibah kebakaran lahan tahun 2015 lalu.

“Bantuan yang akan diberikan ini bersumber dari APBN yang pengaadaannya dalam bentuk bibit dan barang. Seperti bibit pohon kelapa, cengkih, pupuk NPK, pestisida dan alat pertanian hand sprayer,” ungkapnya.

Lanjut Dia, setidaknya ada 700 hektar lahan perkebunan yang akan menerima bantuan ini, meliputi peremajaan 400 hektar kebun kelapa, dan rehabilitasi 300 hektar kebun cengkih.

“Bantuan atau program ini akan segera dilaksanakan, dan sesuai petunjuk teknis, setiap kelompok tani yang akan mendapatkan bantuan harus memiliki lahan hamparan 50 hektar,” ungkapnya lagi.

Dia menambahkan, kelompok tani yang akan menerima bantuan ini harus memasukkan proposal.
“Nantinya kita akan melakukan identifikasi dan verifikasi bagi para petani dan kelompok tani yang akan menerima bantuan tersebut,” tandasnya.(dav)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*