Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Manado

Dispora Manado Buktikan Gelora Semangat Merah Putih di Gunung Tumpa

×

Dispora Manado Buktikan Gelora Semangat Merah Putih di Gunung Tumpa

Sebarkan artikel ini

manadoMTerkini.com, MANADO – Peristiwa Merah Putih bagi masyarakat Kota Manado merupakan sejarah nasional yang harus disyukuri. Tak heran setiap tahun, peristiwa heroik ini digelar dengan berbagai kegiatan.

Tahun ini, memperingati 70 tahun Peristiwa Merah Putih tersebut, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Manado menggelar berbagai kegiatan, mulai dari olahraga, bakti social hingga dialog pemuda dan pengibaran bendera merah putih raksasa di puncak kegiatan, 14 Februari.

Dispora sendiri menghadirkan ratusan siswa SMP hingga SMA. “Sengaja para siswa kami libatkan karena mereka para generasi muda bisa menghayati para pahlwan kita yang telah gugur merebut NKRI lewat prestasi mereka,” jelas Kadispora Manado, Lenda Pelealu sambil menambahkan, kegiatan ini kerjsama dengan Karang Taruna Tumpa.

Sejak Jumat (12/2), Dispora telah membuktikan gelora Peringatan Peristiwa Merah Putih di puncak Gunung Tumpa, pusat lokasi kegiatan tersebut dengan dihadiri Asisten I Pemkot Manado, Josua Pangkerego, Kadis Capilduk, Hans Tinangon, PKK Kecamatan Bunaken dan masyarakat setempat.

Dibuka dengan berbagai cabang olahraga, seluruh masyarakat berbaur. “Ada lima cabang olahraga yang ikut meramaikan peringatan peristiwa merah putih tahun ini. Ada Fun Run, Fun Walk, Fun Bike, Fun Climbing dan Orientering,” tambah Kasie Olahraga Kemasyarakatan Dispora Manado, Pontowuisang Kakauhe.

Tepat pukul 06.00 Wita, ratusan peserta mulai dari pelajar, mahasiswa, jajaran Dispora serta sejumlah pejabat Pemkot Manado ambil bagian ikut jalan sehat dari kaki gunung Tumpa menuju puncak gunung.

“Atas nama Pemkot Manado, sangat mendukung kegiatan penuh histori ini. Para generasi muda wajib menghayati 70 tahun Peristiwa Merah Putih ini agar jiwa patriotism dan nasionalisme tetap terus tumbuh dari perkembangan prestasi demi mengharumkan Negara, khususnya Kota Manado,” pinta Asisten I, Josua Pangkerego.(ald)