Kamis, 17 Oktober 2019

Para Guru Sertifikasi di Bitung Miliki Kompetensi di bawah Rata-Rata

BitungMTerkini.com, BITUNG – Tenaga pengajar (Guru) besertifikasi yang ada di Kota Bitung ternyata kompetensinya dibawah rata-rata nasional. Padahal tunjangan sertifikasi yang diberikan oleh pemerintah melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sangat besar. Hal ini dikatakan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bitung Drs Ferdinand Tangkudung, MSi.

“Berdasarkan hasil sementara Uji Kompetensi Guru (UKG) sertifikasi di kota Bitung memperoleh nilai dibawah rata-rata. Jika melihat hasil UKG online tersebut sebenarnya menuntut kinerja guru sertifikasi didaerah ini menjadi lebih baik ditengah makin tingginya tunjangan yang diperoleh para guru itu setiap bulannya,”ujar Tangkudung, Kamis (03/03/2016),

Ia juga menjelaskan, kompetensi guru sertifikasi yang masih berada dibawah rata-rata disebabkan oleh berbagai factor. “Faktor pertama, penguasaan IT para guru sertifikasi di Kota Bitung masih rendah, sehingga masih kesulitan dalam mengikuti UKG secara online beberapa waktu lalu. Selain itu, para guru masih harus berjuang dan bekerja keras untuk memenuhi kompetensi pedagogic dan profesional sesuai dengan materi yang diujikan,” ungkapnya.

Namun dengan hasil ini, tangkudung berharap kepada para guru sertifikasi untuk terus meningkatkan kompetensinya berdasarkan 4 kompetensi guru yang harus dimiliki yakni, kompetensi pedagogic, profesional, kepribadian dan sosial.(ref)

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*