Selasa, 23 Juli 2019

Tunjang Program ODSK, Tumanduk : Cengkih Komoditi Andalan Sulut

TumandukMTerkini.com, SULUT – Guna menjaga nama baik, daerah Nyiur Melambai, sebagai penghasil komoditas cengkih terbaik. Maka Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sulut, Ir Recky Tumanduk menjemput langsung SK Menteri Pertanian di Jakarta.

Surat Keputusan (SK) Menteri Pertanian Republik Indonesia (RI) nomor 10/Kpts/KB.020/2/2016 tentang Penetapan Blok Penghasil Tinggi (BPT) dan Pohon Induk Terpilih (PIT) tanaman cengkih Minahasa dan Minahasa Selatan sebagai Benih Sumber unggul lokal di Provinsi Sulawesi Utara.

Tumanduk kepada manadoterkini.com, mengatakan, komuditi cengkeh merupakan sala satu komuditi andalan Sulawesi Utara. Banyak petani yang sukses menyekolakan anaknya dengan bersandar pada hasil bumi cengkih ini, namun menjadi tantangan sekarang kurangnya hasil panen, yang diakibatkan oleh serangan hama, sehingga banyak pohon cengkih yang mati dan ditebang.

Karena itu, komuditi cengkih harus dikembangkan. Hal ini akan singkron dengan program Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan (ODSK) dari Gubernur Sulut Olly Dodokambey SE dan Wagub Drs Steven Kandouw, caranya membantu petani dengan menyediakan bibit unggul.

“Tujuan Dinas Perkebunan Prov Sulut memberikan bibit unggul, selain pengembangan, juga sebagai dorongan agar petani punya motivasi untuk menanam kembali sekaligus melakukan peremajaan,” tandas Tumanduk.(alfa)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*